IMPLEMENTASI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG, KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IXC DI SMPN 1 KANDEMAN

Penulis

  • Wulan Dwi Aryani SMP N 1 Kandeman Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v5i2.95

Kata Kunci:

TPS, Gotongroyong, Keterampilan Berkomunikasi, Hasil Belajar IPS

Abstrak

Subyek penelitian adalah 34 peserta didik kelas IXC SMPN 1 Kandeman. Penelitian terdiri atas dua siklus masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan pada bulan September s.d Desember 2018. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)TPS dapat diimplementasikan pada pembelajaran IPS Kelas IX C SMPN 1 Kandeman, ada peningkatan rata-rata dari enam tahapan TPS, pada siklus 1 rerata 64,58 (baik) dan siklus II rerata 83,80 (sangat baik); (2) Ada peningkatan rata-rata enam indikator amatan karakter gotongroyong peserta didik, pada siklus I rerata 67,65 (Baik), dan Siklus II rerata 83,10 (Sangat Baik); (3)Ada peningkatan rata-rata dari enam indikator amatan keterampilan berkomunikasi peserta didik, pada siklus I rerata skor 56,10 (terampil) dan siklus II rerata skor 83,80 (sangat terampil); (4) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, pada siklus I ketuntasan belajar 50,00% dengan rerata nilai 70,45 dan siklus II 88,24% dengan rerata nilai 85,00. Penelitian sudah mengupas hasil belajar secara komprehensif, sehingga dapat dijadikan acuan untuk penelitian sejenis.

Referensi

R. Arends, Learning to teach :Belajar untuk mengajar (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto& Sri Mulyantini Soetjipto), New York: McGraw Hill Companies, 2008.

M. d. Ibrahim, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: University Press, 2000.

Kemendikbud, PEraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19, Jakarta: Kemendikbud, 2017.

S. &. T. R. Kemmis, The action research planner (3th), Victoria: Deakin University Press, 1990.

D. Mardapi, Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes, Yogyakarta: Mitra Cendikia, 2008.

Mumpuniarti, "Jurnal Pendidikan Karakter TAhun II," vol. 3, pp. 148-257, 2012.

N. dkk., Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK., Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel penelitian, BAndung: Alfabeta, 2002.

S. S, Model Asessmen dalam pembelajaran, Surakarta: Mata Padi Presindo, 2009.

H. Uno, Model Pembelajaran, menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

E. Widiyoko, Evaluasi program pembelajaran, panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

20-01-2022 — Diperbaharui pada 15-07-2021