RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang dikelola secara professional dan diterbitkan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPELITBANG) Kabupaten Batang. Dalam membantu para akademisi, peniliti dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitiannya.  

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPELITBANG) Kabupaten Batang merupakan Lembaga Pemerintahan yang berperan aktif dalam mengembangkan kajian terapan. Dalam panduan Dikti, terkait pengelola jurnal merupakan salah satu wewenang orgranisasi keilmuan dengan penilaian 4. Oleh karena itu jurnal ini hadir dalam rangka mengemban tugas tersebut.

RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang adalah sebuah jurnal ilmiah yang didekasikan untuk publikasi hasil penelitian yang  berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan dan isu-isu strategis pembangunan di Kabupaten Batang baik Ekonomi, Pariwisata, Teknologi Informasi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan namun tak terbatas secara implisit.

RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang adalah jurnal nasional, yang didekasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu Riset, inovasi dan Teknologi namun tak terbatas secara implisit, serta bebas biaya karena Jurnal Terbuka (Open Jurnal) dan Open Source dalam proses submission-nya.

RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang menerbitkan paper (Call For Paper) secara berkala, yakni 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.