PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINIER DENGAN METODE PROBLEM BASE LEARNING DI LABORATORIUM TEENZANIA PADA KELAS X SMK NEGERI 1 BATANG

Penulis

  • Anie Kartika SMK Negeri 1 Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v4i2.82

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, Aktivitas, Problem Base Learning, Laboratorium Tenzania

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah metode Problem Base
Learning di Laboratorium Teenzania dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada
materi Program Linier kelas X SMK Negeri 1 Batang, dan (2) Apakah metode Problem
Base Learning di Laboratorium Teenzania dapat meningkatkan hasil belajar matematika
pada materi Program Linier siswa kelas X SMK Negeri 1 Batang.
Pelaksanaan penelitian dilakukan dua kali tindakan (dua siklus) dengan subyek
penelitian siswa kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Batang. Setiap siklus tindakan meliputi
rencana/persiapan, pelaksanaan tindakan dan refleksi (pemantauan dan evaluasi),
pengumpulan data awal melalui tes ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian,
sedangkan teknik pengumpulan data penelitian melalui hasil ulangan harian siswa dan
pengamatan aktivitas belajar siswa.
Hasil penelitian rata-rata ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 18,18%
dari siklus I ke siklus II, aktivitas siswa dalam pembelajaran materi Program Linier juga
mengalami peningkatan sebesar 6,39% dari siklus I ke siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Base Learning di
Laboratorium Teenzania dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa
kelas X SMK Negeri 1 Batang.

Referensi

Andreas, "Pembelajaran Berbasis Masalah, PBL, Problem Based Learning," 10 Maret 2012. [Online]. Available: http://bismilah36wordpress.com/2010/ 05/30/pembelajaran-berbasis-masalah/. [Accessed 20 Maret 2020].

d. Ekalia, "Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter di Laboratorium TeenZania," 30 November 2012. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/ujme.. [Accessed 30 Maret 2020].

H. Hudojo, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Jakarta: JICA, 2003.

S. Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Sardiman, Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo, 2010.

Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo, 2012.

Sudjana, Metoda Statistika, BAndung: PT Tarsito, 2005.

W. Winkel, Psikologi Pengajaran, Jogjakarta: Media Abadi, 2007.

I. Arends, Classroom Instruction and Management, New York: The Mcgraw-Hill Companies, 2008.

S. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2006.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-06-2020