IMPLEMENTASI VIRTUAL TOUR SEBAGAI MEDIA INFORMASI DESWITA PANDANSARI BERBASIS WEB

Penulis

  • Wahyu Setianto STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Risqiati STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Hari Agung Budijanto STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Endis Erzy Purnama STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v4i2.75

Kata Kunci:

Virtual Tour, Deswita Pandansari

Abstrak

DESWITA Pandansari merupakan salah satu Desa Wisata yang terletak di Kabupaten Batang,
berbagai kegiatan wisata pun tersedia disana namun dalam penyampaian informasinya hanya
sebatas foto dan video kegiatan melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram belum
mencakup tata letak wilayah yang mampu menggambarkan keadaan lokasi di DESWITA
Pandansari. Kurangnya media penyampaian informasi tersebut menjadi kendala bagi orang
awam yang ingin mengetahui letaknya. Melihat kebutuhan hal tersebut dibutuhkan virtual
tour yang berbasis web. Dalam pengembangan sistem ini digunakan metode MDLC
(Multimedia Development Life Cycle), teknik pengujian menggunakan pengujian GUI
(Graphical User Interface) dan pengujian UAT (User Acceptance Test). Dari hasil pengujian
GUI bahwa virtual tour yang telah dibuat sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan
dari hasil pengujian UAT bahwa virtual tour sudah dapat memberikan gambaran kondisi serta
tata letak lokasi dengan panorama 360º dan informasi yang lebih jelas

Referensi

Nathania, "Virtual Tour Berbasis 3D Untuk Pengenalan Kampus STMIK Kharisma Makasar," Jurnal Alumni Kharisma, vol. 3, no. 2, pp. 14-20, 2014.

M. Nazir, etode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

T. Pudjadi, Testing dan Implementasi “User Acceptance Test", Jakarta: Universitas Mercubuana, 2007.

Y. i. Putri, "“Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus Universitas Manado.”," E-Journal Teknik Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 42-46, 2016.

I. Santoso, Interaksi Manusia dan Komputer, Yogyakarta: Andi, 2004.

V. A. Siswanto, Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2013.

H. D. Surjono, ultimedia Media Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan, Yogyakarta: UNY Karangmalang, 2017.

Sutopo, eknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-06-2020