UPAYA PENINGKATAN SELF-EFFICACY PADA SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MODEL CBT
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v3i1.43Kata Kunci:
Layanan Konseling Kelompok, CBT, Self EfficiacyAbstrak
Upaya peningkatan self-efficacy siswa yang mengalami kecemasan tinggi pada mata
pelajaran kimia. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap guru mata pelajaran
kimia, ada 5 siswa yang memiliki self-efficacy yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan self-efficacy siswa melalui layanan konseling kelompok
dengan model CBT (Cognitive Behavioral Therapy).
Subyek penelitian berjumlah 5 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan
angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang kemudian akan dianalisis
menggunakan analisis secara deskriptif melalui matriks.
Hasil penelitian pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive
Behavioral Therapy dapat meningkatkan self-efficacy siswa.
Siswa yang mempunyai kecemasan tinggi dalam mengikuti pelajaran tertentu dapat
dibantu dengan layanan konseling kelompok model cognitive Behavior Therapy (CBT).
Unduhan
Referensi
Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy: the
exercise of control. New York:
Freeman.
Corey, Gerald. 2012. Theory and Practice
of Group Counseling. United
Kindom: Brooks/ Cole.
Glading, Samuel T. 2015. Konseling
Profesi yang Menyeluruh. Jakarta:
PT. Indeks.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan
Konseling Kelompok. Padang: Ghalia
Indonesia.
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian
Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva
Press.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Ahmad Munir
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.