UPAYA PENINGKATAN SELF-EFFICACY PADA SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MODEL CBT

Penulis

  • Ahmad Munir SMK Negeri 1 Warungasem Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v3i1.43

Kata Kunci:

Layanan Konseling Kelompok, CBT, Self Efficiacy

Abstrak

Upaya peningkatan self-efficacy siswa yang mengalami kecemasan tinggi pada mata
pelajaran kimia. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap guru mata pelajaran
kimia, ada 5 siswa yang memiliki self-efficacy yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan self-efficacy siswa melalui layanan konseling kelompok
dengan model CBT (Cognitive Behavioral Therapy).
Subyek penelitian berjumlah 5 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan
angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang kemudian akan dianalisis
menggunakan analisis secara deskriptif melalui matriks.
Hasil penelitian pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive
Behavioral Therapy dapat meningkatkan self-efficacy siswa.
Siswa yang mempunyai kecemasan tinggi dalam mengikuti pelajaran tertentu dapat
dibantu dengan layanan konseling kelompok model cognitive Behavior Therapy (CBT).

Referensi

Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy: the

exercise of control. New York:

Freeman.

Corey, Gerald. 2012. Theory and Practice

of Group Counseling. United

Kindom: Brooks/ Cole.

Glading, Samuel T. 2015. Konseling

Profesi yang Menyeluruh. Jakarta:

PT. Indeks.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan

Konseling Kelompok. Padang: Ghalia

Indonesia.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian

Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva

Press.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-11-2018