PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN “P-O-I-N-E-T” DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS MELALUI MEDIA PEMBUATAN BRIKET BIOARANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS XI.MIA.1 SMA NEGERI 1 BAWANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 PADA KOMPETENSI H
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v2i1.28Kata Kunci:
Kompetensi Hidrokaarbon, Teknik Pembelajaran , SaLingTeMas, Media Pembuatan Briket, Berpikir Kritis, KreatifAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana penerapan teknik pembelajaran “PO-I-N-E-T” dengan pendekatan SaLingTeMas melalui media pembuatan briket bioarang
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas XI.MIA.1 SMA N 1
Bawang Tahun Pelajaran 2014/ 2015 pada kompetensi Hidrokarbon? Penelitian ini
dilaksanakan 2 siklus masing-masing 1 kali pertemuan.Subjek dalam penelitian ini adalah
Siswa Kelas XI.MIA.1 SMA Negeri 1 Bawang semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Terjadi
peningkatan nilai dari 80,00 pada siklus I menjadi 84,00 pada siklus II diiringi perubahan
meningkatnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
Unduhan
Referensi
Arsyad, Azhar.2006. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bachman, Edmund. 2005. Metode Belajar
Berpikir Kritis dan Inovatif. Jakarta :
PT. Prestasi Pustaka Raya.
Binadja, Achmad. 1999. Hakekat dan
Tujuan Pendidikan SALINGTEMAS
dalam Konteks Kehidupan dan
Pendidikan yang Ada. Makalah
Disajikan dalam Seminar Loka
Karya Pendidikan SALINGTEMAS,
Kerja Sama antara SEAMEO
RECSAM dan UNNES, 14-15
Desember 1999.
Karyadi, Benny. 2005. Pendidikan Kimia
dalam Mewujudkan Pertumbuhan
Industri yang Ramah Lingkungan dan Hemat Energi, Makalah Seminar
Nasional Kimia dan Pendidikan
Kimia. Jurusan Kimia FMIPA
UNNES. Semarang.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis
Kompetensi, Implementasi dan
Inovasi. Bandung : PT Remaja Rosda
Karya.
Suganal. 2009. Rancangan Proses
Pembuatan Briket Batubara
Nonkarbonisasi Skala Kecil Dari
Batu Bara Kadar Abu Tinggi. Jurnal
Teknologi Mineral dan Batu Bara.
Volume 05 No. 13. Hal 17 –30
Bandung: Puslitbang Teknologi
Mineral dan Batu Bata (TEKMIRA)
Tola, B. 2004. Konsep dan Meekanisme
Penjamin Mutu Pendidikan,
Makalah Seminar Nasional. Dies
Natalis UNNES XXXIX. Semarang.
Yuniasih, 2010. Penerapan Teknik
Pembelajaran “P-O-I-N-T” dengan
Pemanfaatan Kearifan Lokal untuk
Meningkatkan Kompetensi Berbicara
(Memperkenalkan Diri) Siswa Kelas
X-6 SMA Negeri 2 Kendal Tahun
/2011, Laporan Penelitian. SMA
N 2 Kendal, Kendal.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Lilik Retno Wilianti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.