PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN “P-O-I-N-E-T” DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS MELALUI MEDIA PEMBUATAN BRIKET BIOARANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS XI.MIA.1 SMA NEGERI 1 BAWANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 PADA KOMPETENSI H

Penulis

  • Lilik Retno Wilianti SMA Negeri 1 Bawang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v2i1.28

Kata Kunci:

Kompetensi Hidrokaarbon, Teknik Pembelajaran , SaLingTeMas, Media Pembuatan Briket, Berpikir Kritis, Kreatif

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana penerapan teknik pembelajaran “PO-I-N-E-T” dengan pendekatan SaLingTeMas melalui media pembuatan briket bioarang
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas XI.MIA.1 SMA N 1
Bawang Tahun Pelajaran 2014/ 2015 pada kompetensi Hidrokarbon? Penelitian ini
dilaksanakan 2 siklus masing-masing 1 kali pertemuan.Subjek dalam penelitian ini adalah
Siswa Kelas XI.MIA.1 SMA Negeri 1 Bawang semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Terjadi
peningkatan nilai dari 80,00 pada siklus I menjadi 84,00 pada siklus II diiringi perubahan
meningkatnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad, Azhar.2006. Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bachman, Edmund. 2005. Metode Belajar

Berpikir Kritis dan Inovatif. Jakarta :

PT. Prestasi Pustaka Raya.

Binadja, Achmad. 1999. Hakekat dan

Tujuan Pendidikan SALINGTEMAS

dalam Konteks Kehidupan dan

Pendidikan yang Ada. Makalah

Disajikan dalam Seminar Loka

Karya Pendidikan SALINGTEMAS,

Kerja Sama antara SEAMEO

RECSAM dan UNNES, 14-15

Desember 1999.

Karyadi, Benny. 2005. Pendidikan Kimia

dalam Mewujudkan Pertumbuhan

Industri yang Ramah Lingkungan dan Hemat Energi, Makalah Seminar

Nasional Kimia dan Pendidikan

Kimia. Jurusan Kimia FMIPA

UNNES. Semarang.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis

Kompetensi, Implementasi dan

Inovasi. Bandung : PT Remaja Rosda

Karya.

Suganal. 2009. Rancangan Proses

Pembuatan Briket Batubara

Nonkarbonisasi Skala Kecil Dari

Batu Bara Kadar Abu Tinggi. Jurnal

Teknologi Mineral dan Batu Bara.

Volume 05 No. 13. Hal 17 –30

Bandung: Puslitbang Teknologi

Mineral dan Batu Bata (TEKMIRA)

Tola, B. 2004. Konsep dan Meekanisme

Penjamin Mutu Pendidikan,

Makalah Seminar Nasional. Dies

Natalis UNNES XXXIX. Semarang.

Yuniasih, 2010. Penerapan Teknik

Pembelajaran “P-O-I-N-T” dengan

Pemanfaatan Kearifan Lokal untuk

Meningkatkan Kompetensi Berbicara

(Memperkenalkan Diri) Siswa Kelas

X-6 SMA Negeri 2 Kendal Tahun

/2011, Laporan Penelitian. SMA

N 2 Kendal, Kendal.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-11-2017

Cara Mengutip

Retno Wilianti, L. (2017). PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN “P-O-I-N-E-T” DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS MELALUI MEDIA PEMBUATAN BRIKET BIOARANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS XI.MIA.1 SMA NEGERI 1 BAWANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 PADA KOMPETENSI H. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 2(1), 63–76. https://doi.org/10.55686/ristek.v2i1.28