PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN STRATEGI PKB BERBANTUAN KARTU DOMINO MATERI PELUANG KELAS XI PM 1 SMK N 1 BATANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v2i1.27Kata Kunci:
Strategi Peningkatan Kemampuan Berfikir (PKB), Kartu Domino, Rasa Percaya Diri dan Komunikasi Matematis SiswaAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas XI PM I SMK N 1 Batang. Untuk mengatasi masalah tersebut
dilakukan penelitian tindakan melalui strategi PKB pada pembelajaran matematika. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis
siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus pertama terdiri atas 3 kali pertemuan dan
siklus kedua 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah angket rasa percaya diri, tes
kemampuan komunikasi matematis siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran
menggunakan strategi PKB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, tes dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan sebesar
16,15% dari siklus I ke siklus II, komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan sebesar
16,29% dari siklus I ke siklus II, dan persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami
peningkatan sebesar 43% dari siklus I ke siklus II.
Penggunakan strategi peningkatan kemampuan berfikir (PKB) berbantuan kartu domino
bisa direkomendasikan sebagai salah satu tipe/cara pembelajaran yang memberi kesempatan
pada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keunggulan strategi ini adalah
optimalisasi partisipasi siswa.
Unduhan
Referensi
Agustyaningrum, nina. 2011. “Implementasi
Model Pembelajaran Learning Cycle 5E
Untuk Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX
B SMP Negeri 2 Sleman”. Seminar
Nasional Matematika dan Pendidikan
Matematika. 376-387.
Ansari, Bansu I. 2016. Komunikasi
Matematika Strategi Berfikir Dan
Manajemen Belajar Konsep Dan
Aplikasi. Banda Aceh: PeNA.
Darkasyi, Muhammad., Rahmah Johar,
Anizar Ahmad. 2014. “Peningkatan
Kemampuan Komunikasi Matematis
Dan Motivasi Siswa Dengan
Pembelajaran Pendekatan Quantum
Learning pada Siswa SMP Negeri 5
Lhokseumawe”. Didaktik Matematika.
1. 21 – 34.
Hardiyanti, Isti Kusumaningtyas. 2011.
Upaya Meningkatkan Pemahaman
Konsep Matematika Melalui
Pendekatan Problem Posing Dengan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad
(Student Teams Achievement
Divisions) Pada Siswa Kelas
Bilingual Viii C Smp N 1 Wonosari.
Skripsi. Universitas Negeri
Yogyakarta, Yogyakarta.
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif
Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi
Antar Peserta Didik. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Martyanti, Adhetia. 2013. “Membangun
Self-Cofidence Siswa Dalam
Pembelajaran Matematika Dengan
Pendekatan Problem Solving”.
Prosiding. 978 – 979 – 16353 – 9 – 4.
Mayasari, Dian. 2013. “Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two
Stray untuk Meningkatkan Komunikasi
Matematis Tertulis Siswa Kelas XI IPA
SMAN 1 purwosari pasuruan”. 1-10
Muchibin. 2012. Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika dengan Model
Make A Match Materi Bentuk Pangkat,
Akar, dan Logaritma Kelas X MA
Nahdiyah Talun Tahun Pelajaran
/2013. Skripsi Sarjana, tidak
diterbitkan, Universitas Pekalongan,
Pekalongan.
Rabata, Aloisius Taburarusta Martagalasa.
Upaya Meningkatkan
Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa Kelas XI IPA SMA Katolik
Santo Bonaventura Madiun Melalui
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think
Talk Write (TTW). Skripsi. Universitas
Katolik Widya Mandala Madiun,
Madiun.
Rofiah, Asiatul. 2010. Peningkatan
Kemampuan Komunikasi Matematika
pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Depok
Yogyakarta dalam Pembelajaran
Matematika Melalui Pendekatan
Inkuiri. Skripsi. Universitas Negeri
Yogyakarta, Yogyakarta.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Suhardjono, Supardi. 2012. Strategi
Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.
Yogyakarta: Andi Offset.
Sumarmo. 2011. “Pembelajaran Matematika
Berbasis Pendidikan Karakter”.
Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Matematika STKIP
Siliwangi Bandung. 1. 22-33.
Suyanto, Jihad Asep. 2013. Menjadi Guru
Profesional. Yogyakarta: Erlangg
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Anie Kartika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.