PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN STRATEGI PKB BERBANTUAN KARTU DOMINO MATERI PELUANG KELAS XI PM 1 SMK N 1 BATANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Penulis

  • Anie Kartika SMK Negeri 1 Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v2i1.27

Kata Kunci:

Strategi Peningkatan Kemampuan Berfikir (PKB), Kartu Domino, Rasa Percaya Diri dan Komunikasi Matematis Siswa

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas XI PM I SMK N 1 Batang. Untuk mengatasi masalah tersebut
dilakukan penelitian tindakan melalui strategi PKB pada pembelajaran matematika. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis
siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus pertama terdiri atas 3 kali pertemuan dan
siklus kedua 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah angket rasa percaya diri, tes
kemampuan komunikasi matematis siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran
menggunakan strategi PKB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, tes dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan sebesar
16,15% dari siklus I ke siklus II, komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan sebesar
16,29% dari siklus I ke siklus II, dan persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami
peningkatan sebesar 43% dari siklus I ke siklus II.
Penggunakan strategi peningkatan kemampuan berfikir (PKB) berbantuan kartu domino
bisa direkomendasikan sebagai salah satu tipe/cara pembelajaran yang memberi kesempatan
pada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keunggulan strategi ini adalah
optimalisasi partisipasi siswa.

Referensi

Agustyaningrum, nina. 2011. “Implementasi

Model Pembelajaran Learning Cycle 5E

Untuk Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX

B SMP Negeri 2 Sleman”. Seminar

Nasional Matematika dan Pendidikan

Matematika. 376-387.

Ansari, Bansu I. 2016. Komunikasi

Matematika Strategi Berfikir Dan

Manajemen Belajar Konsep Dan

Aplikasi. Banda Aceh: PeNA.

Darkasyi, Muhammad., Rahmah Johar,

Anizar Ahmad. 2014. “Peningkatan

Kemampuan Komunikasi Matematis

Dan Motivasi Siswa Dengan

Pembelajaran Pendekatan Quantum

Learning pada Siswa SMP Negeri 5

Lhokseumawe”. Didaktik Matematika.

1. 21 – 34.

Hardiyanti, Isti Kusumaningtyas. 2011.

Upaya Meningkatkan Pemahaman

Konsep Matematika Melalui

Pendekatan Problem Posing Dengan

Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad

(Student Teams Achievement

Divisions) Pada Siswa Kelas

Bilingual Viii C Smp N 1 Wonosari.

Skripsi. Universitas Negeri

Yogyakarta, Yogyakarta.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif

Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi

Antar Peserta Didik. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Martyanti, Adhetia. 2013. “Membangun

Self-Cofidence Siswa Dalam

Pembelajaran Matematika Dengan

Pendekatan Problem Solving”.

Prosiding. 978 – 979 – 16353 – 9 – 4.

Mayasari, Dian. 2013. “Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two

Stray untuk Meningkatkan Komunikasi

Matematis Tertulis Siswa Kelas XI IPA

SMAN 1 purwosari pasuruan”. 1-10

Muchibin. 2012. Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika dengan Model

Make A Match Materi Bentuk Pangkat,

Akar, dan Logaritma Kelas X MA

Nahdiyah Talun Tahun Pelajaran

/2013. Skripsi Sarjana, tidak

diterbitkan, Universitas Pekalongan,

Pekalongan.

Rabata, Aloisius Taburarusta Martagalasa.

Upaya Meningkatkan

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa Kelas XI IPA SMA Katolik

Santo Bonaventura Madiun Melalui

Pembelajaran Kooperatif Tipe Think

Talk Write (TTW). Skripsi. Universitas

Katolik Widya Mandala Madiun,

Madiun.

Rofiah, Asiatul. 2010. Peningkatan

Kemampuan Komunikasi Matematika

pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Depok

Yogyakarta dalam Pembelajaran

Matematika Melalui Pendekatan

Inkuiri. Skripsi. Universitas Negeri

Yogyakarta, Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia

Group.

Suhardjono, Supardi. 2012. Strategi

Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.

Yogyakarta: Andi Offset.

Sumarmo. 2011. “Pembelajaran Matematika

Berbasis Pendidikan Karakter”.

Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Matematika STKIP

Siliwangi Bandung. 1. 22-33.

Suyanto, Jihad Asep. 2013. Menjadi Guru

Profesional. Yogyakarta: Erlangg

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-11-2017