SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DESTINASI WISATA DI KABUPATEN BATANG
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v2i1.23Kata Kunci:
Sistem Informasi Geografis, Destinasi Wisata BatangAbstrak
Kabupaten Batang saat ini giat membangun dalam segala bidang salah satu yang
mendapat perhatian serius adalah pembangunan di bidang pariwisata. Pariwisata di Batang di
harapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan dapat meningkatkan
pendapatan dan memberdayakan masyarakat. Destinasi wisata di Batang cukup beragam dari
Pantai, Kuliner, Curug dan Telaga, Agrowisata, Sejarah dan Edukatif. Masalah yang dihadapi
dalam pariwisata di Batang adalah kurangnya Promosi dan belum danya pemetaan mengenai
destinasi yang baik. Untuk membantu mengatasi permasalahan peneliti membuat Sistem
Informasi Pemetakan objek wisata menggunakan Sistem informasi geografi (SIG) berbasis
Web di Kabupaten Batang. Diharapkan sistem ini dapat digunakan sebagai promosi dan
mengenalkan destinasi wisata Kabupaten Batang serta dapat meningkatkan kunjungan
wisatawan baik lokal maupun nasional.Untuk pengembangan ke depan sistem ini dapat
dikembangkan dengan menggunakan virtual reality.
Unduhan
Referensi
Binanto, I. (2010). Multimedia Digital
Dasar Teori dan Pengembangannya.
Yogyakarta: Andi Offset.
Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain
Sistem Informasi Pendekatan
Terstruktur Teori dan Praktik
Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi
Offset.
Purnama, R. H. (2014). Rancang Bangun
Kiosk Informasi Objek Wisata Goa
Gong Dusun Pule Desa Bomo.
Universitas Surakarta.
Riyanto P.E.P. dan Hendi I., 2009,
“Pengembangan Aplikasi Sistem
Informasi Geografis Berbasis
Desktop dan Web”, Gava Media,
Yogyakarta
Soetopo, A., 2001, “Analisis dan Desain
Berorientasi Objek”, J&J
LearningYogyakarta
Sommerville, I.F., 2000, “Software
Engineering6th Edition”, Erlangga,
Jakarta
Siswanto., 2011, “Sistem Informasi
Geografis Objek Wisata
Menggunakan Google Maps API
Studi Kasus Kabupaten Mojokerto”
Politeknik Elektronika Negeri
Surabaya, Surabaya
Sutopo, A. H. (2003). Multimedia
Interaktif dengan Flash. Semarang:
Graha Ilmu.
Suyanto. (Multimedia Alat untuk
Meningkatkan Keunggulan
Bersaing). 2005. Yogyakarta: Andi
Offset.
Zaki, A. (2011). Rancang Bangun Aplikasi
Kios Informasi Berbasis Multimedia
pada Taman Mini Indonesia Indah.
Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah
Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat
Lunak Berbasis Objek dengan
Metode USDP. Yogyakarta: Andi.
PressmanRoger S. - Ph. D, 2012,
Rekayasa Perangkat Lunak Buku 2,
Jogyakarta Penerbit Andi
Nugroho Adi, Rekayasa Perangkat Lunak
menggunkanan UML dan JAVA ,
Jogyakarta Penerbit Andi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Agus Ilyas, Hari Agung Budijanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.