SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DESTINASI WISATA DI KABUPATEN BATANG

Penulis

  • Agus Ilyas STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Hari Agung Budijanto STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v2i1.23

Kata Kunci:

Sistem Informasi Geografis, Destinasi Wisata Batang

Abstrak

Kabupaten Batang saat ini giat membangun dalam segala bidang salah satu yang
mendapat perhatian serius adalah pembangunan di bidang pariwisata. Pariwisata di Batang di
harapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan dapat meningkatkan
pendapatan dan memberdayakan masyarakat. Destinasi wisata di Batang cukup beragam dari
Pantai, Kuliner, Curug dan Telaga, Agrowisata, Sejarah dan Edukatif. Masalah yang dihadapi
dalam pariwisata di Batang adalah kurangnya Promosi dan belum danya pemetaan mengenai
destinasi yang baik. Untuk membantu mengatasi permasalahan peneliti membuat Sistem
Informasi Pemetakan objek wisata menggunakan Sistem informasi geografi (SIG) berbasis
Web di Kabupaten Batang. Diharapkan sistem ini dapat digunakan sebagai promosi dan
mengenalkan destinasi wisata Kabupaten Batang serta dapat meningkatkan kunjungan
wisatawan baik lokal maupun nasional.Untuk pengembangan ke depan sistem ini dapat
dikembangkan dengan menggunakan virtual reality.

Referensi

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital

Dasar Teori dan Pengembangannya.

Yogyakarta: Andi Offset.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain

Sistem Informasi Pendekatan

Terstruktur Teori dan Praktik

Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi

Offset.

Purnama, R. H. (2014). Rancang Bangun

Kiosk Informasi Objek Wisata Goa

Gong Dusun Pule Desa Bomo.

Universitas Surakarta.

Riyanto P.E.P. dan Hendi I., 2009,

“Pengembangan Aplikasi Sistem

Informasi Geografis Berbasis

Desktop dan Web”, Gava Media,

Yogyakarta

Soetopo, A., 2001, “Analisis dan Desain

Berorientasi Objek”, J&J

LearningYogyakarta

Sommerville, I.F., 2000, “Software

Engineering6th Edition”, Erlangga,

Jakarta

Siswanto., 2011, “Sistem Informasi

Geografis Objek Wisata

Menggunakan Google Maps API

Studi Kasus Kabupaten Mojokerto”

Politeknik Elektronika Negeri

Surabaya, Surabaya

Sutopo, A. H. (2003). Multimedia

Interaktif dengan Flash. Semarang:

Graha Ilmu.

Suyanto. (Multimedia Alat untuk

Meningkatkan Keunggulan

Bersaing). 2005. Yogyakarta: Andi

Offset.

Zaki, A. (2011). Rancang Bangun Aplikasi

Kios Informasi Berbasis Multimedia

pada Taman Mini Indonesia Indah.

Universitas Islam Negeri Syarif

Hidayatullah

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat

Lunak Berbasis Objek dengan

Metode USDP. Yogyakarta: Andi.

PressmanRoger S. - Ph. D, 2012,

Rekayasa Perangkat Lunak Buku 2,

Jogyakarta Penerbit Andi

Nugroho Adi, Rekayasa Perangkat Lunak

menggunkanan UML dan JAVA ,

Jogyakarta Penerbit Andi

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-11-2017