PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL (PENGALAMAN PRAKTIS PENDIDIKAN GURU PENGGERAK)
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v9i2.199Kata Kunci:
Guru Penggerak, Pendidikan Guru Penggerak, Pembelajaran Sosial dan EmosionalAbstrak
Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) merupakan modul ke-6 dari 10 modul dalam Program Pendidikan Guru Penggerak. Penelitian ini bertujuan membagikan pengalaman pembelajaran PSE dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari modul, tugas mandiri, tugas kelompok, dan jurnal refleksi. Data dikumpulkan melalui telaah modul, eksplorasi Learning Management System, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Proses pembelajaran mengikuti alur “MERDEKA”: Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata. Pada tahap Mulai dari Diri, peserta merefleksikan pengalaman menghadapi krisis pribadi, kemampuan membangun hubungan positif, serta dampaknya terhadap pembelajaran. Eksplorasi Konsep mencakup pentingnya PSE, kerangka kerja CASEL, dan implementasinya. Dalam Ruang Kolaborasi, peserta menyusun dan mendiskusikan program penguatan kompetensi sosial dan emosional di sekolah. Demonstrasi Kontekstual dilakukan melalui penerapan PSE dalam skenario pembelajaran. Elaborasi Pemahaman dilakukan melalui pembelajaran mandiri dan kolaboratif untuk memperdalam pemahaman PSE berbasis kesadaran penuh (mindfulness). Koneksi Antar Materi dilakukan dengan menyusun kesimpulan dan menghubungkan PSE dengan modul-modul sebelumnya. Aksi Nyata dilakukan dengan membagikan implementasi PSE di lingkungan sekolah
Unduhan
Referensi
M. Sudarsono, “Menelaah Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional dan Perwujudannya dalam Pendidikan yang Berpihak pada Murid,” J. Muria Res. Guid. Couns., vol. 3, no. 1, pp. 79–90, 2024, doi: 10.24176/mrgc.v3i1.12539.
S. H. Syamsul Hadi, “Pembelajaran Sosial Emosional sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” J. Teknodik, pp. 227–240, 2013, doi: 10.32550/teknodik.v0i0.104.
R. Avandra, Neviyarni S, and Irdamurni, “Pembelajaran Sosial Emosional terhadap Motivasi Belajar Murid di Sekolah Dasar,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 2, pp. 5560–5570, 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i2.1314.
M. Husnaini, E. Sarmiati, and S. M. Harimurti, “Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 2, pp. 1026–1036, 2024, doi: 10.37985/jer.v5i2.887.
R. Ellis, S. Mahaly, and I. Papalia, “Peningkatan Kapasitas Guru melalui Pembelajaran Kompotensi Sosial Emosional di SMP Al Hilal Haya,” Ger. für Gesellschaft, vol. 2, no. 2, pp. 120–127, 2023, doi: 10.30598/jgefuege.2.2.120-127.
A. F. Rahmawati and I. N. Hidayah, “Analisis Perkembangan Kompetensi Sosial Emosional Siswa SMP Kelas 7 pada Model Project Based Learning,” J. Pembelajaran, Bimbing. …, vol. 4, no. 2, 2024, doi: 10.17977/um065.v4.i2.2024.3.
T. A. Dewi, “Upaya Pembentukan Karakter Melalui Social and Emotional Learning (SEL) pada Mata Pelajaran IPS di SMP,” PROMOSI (Jurnal Pendidik. Ekon., vol. 4, no. 2, pp. 13–22, 2016, doi: 10.24127/ja.v4i2.636.
L. Azizah and T. Mulyono, “Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional oleh Guru Bahasa Jawa SMP Negeri,” vol. 5, no. 4, pp. 6373–6382, 2024.
M. Masyithah, “Penerapan Teknik Keterampilan Sosial Emosional pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi dan Produksi Pangan Siswa Kelas IX-1 di SMP Negeri 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021,” JagoMIPA J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 1, no. 2, pp. 135–146, 2021, doi: 10.53299/jagomipa.v1i2.76.
G. Y. Sumertayasa, I. G. Suwindia, and I. M. A. Winangun, “Integrasi Kompetensi Sosial Emosional (KSE) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Kubutambahan,” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), vol. 8, no. 1, pp. 801–806, 2025.
Modul 2.1. Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) dalam Pendidikan Guru Penggerak. https://lms25-gp.simpkb.id/course/view.php?id=1034.
Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tri Riswakhyuningsih, Eva Susiati, Wulandari, Duryat, Helmi Khusnul Fatekhah, Kumariyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.