PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DALAM PELAYANAN PUBLIK KANTOR LURAH BABUSSALAM

Penulis

  • DORI CANDRA Institut Teknologi Mitra Gama

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v9i1.174

Kata Kunci:

Pelayanan publik, Dinas Sosial, Waterfall

Abstrak

Penelitian ini menyoroti pentingnya pelayanan publik berkualitas tinggi dalam administrasi pemerintahan, khususnya di Kantor Lurah Babussalam. Saat ini, Kantor Lurah Babussalam menghadapi kendala pada sistem informasi yang digunakan, sehingga memengaruhi efisiensi dan efektivitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall untuk menganalisis sistem informasi yang ada dan merancang sistem informasi baru yang lebih efisien. Dalam analisis ini ditemukan bahwa sistem lama mengalami masalah, seperti lambatnya pengolahan data dan kurang efisiennya pembuatan surat keterangan tidak mampu (SKTM). Sistem baru dirancang dengan menggunakan komputerisasi dan database, serta dilengkapi diagram konteks, Entity Relationship Diagram (ERD), dan rancangan antarmuka yang lebih baik. Dengan penerapan Sistem Pelayanan Informasi (APSI), diharapkan pengolahan data menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga kualitas pelayanan publik di Kantor Lurah Babussalam dapat meningkat secara signifikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kurniawati, S., & Mursyidah, L. (2023). “Efektivitas Sistem Informasi Dalam Pelayanan Publik Desa Kalidawir Kabupaten Sidoarjo.” Musamus Journal of Public Administration, Vol. 6(1), hal. 1-10.

Miftahul, M., & Meirinawati. (2022). “Kualitas Pelayanan Publik untuk Meningkatkan Kepuasan Masyarakat di Kantor Kelurahan Bulak Banteng Kota Surabaya.” Publika: Jurnal Administrasi Publik, Vol. 10(2).

Putri, N. B., Salis, M., & Sudaryanto, A. (2022). “Efektivitas E-Lampid sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Bidang Administrasi Kependudukan Kota Surabaya.” Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik

M. H. Lumbangaol dan M. Ridho, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan dan Penyewaan Properti Berbasis Web di Kota Batam,” Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), vol. 3, no. 1, pp. 83–92, Juli 2020.

Kefas, D. A., “Konversi diagram Draw.Io menjadi laravel migration,” Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, 23 Juni 2022

.kosong H. Bawono, “Preservasi Digital dan Pengelolaan Arsip Digital di Indonesia: Kontekstualisasi-Sintesis Dua Model Preservasi Digital,” Jurnal Kearsipan, vol. 17, no. 2, pp. 257, 2022.

Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). “Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala.” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 1(1), 8 April 2021

Safwandi, F., Fadlisyah, Z., Aulia, Z., & Zulfakhmi. (2021). “Rancang Bangun Sistem Informasi Publik Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran).” Jurnal Informatika, 11(1), 6–12

I. Pratiwi, S. Anardani, dan A. R. Putera, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Mata Pelajaran Dengan Metode Waterfall,” JDMIS: Journal of Data Mining and Information Systems, vol. 1, no. 1, pp. 20-28, 2023

B. L. Handoko, A. Swat, L. Lindawati, dan M. Mustapha, “Application of Computer Assisted Audit Techniques in Public Accounting Firm,” International Journal of Management, vol. 11, no. 5, pp. 222-234, Mei 2021.

Kurniawati, S., & Mursyidah, L. (2023). “Efektivitas Sistem Informasi Dalam Pelayanan Publik Desa Kalidawir Kabupaten Sidoarjo.” Musamus Journal of Public Administration, Vol. 6(1), hal. 1-10.

Miftahul, M., & Meirinawati. (2022). “Kualitas Pelayanan Publik untuk Meningkatkan Kepuasan Masyarakat di Kantor Kelurahan Bulak Banteng Kota Surabaya.” Publika: Jurnal Administrasi Publik, Vol. 10(2).

Putri, N. B., Salis, M., & Sudaryanto, A. (2022). “Efektivitas E-Lampid sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Bidang Administrasi Kependudukan Kota Surabaya.” Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik

M. H. Lumbangaol dan M. Ridho, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan dan Penyewaan Properti Berbasis Web di Kota Batam,” Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), vol. 3, no. 1, pp. 83–92, Juli 2020.

Kefas, D. A., “Konversi diagram Draw.Io menjadi laravel migration,” Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, 23 Juni 2022

.kosong H. Bawono, “Preservasi Digital dan Pengelolaan Arsip Digital di Indonesia: Kontekstualisasi-Sintesis Dua Model Preservasi Digital,” Jurnal Kearsipan, vol. 17, no. 2, pp. 257, 2022.

Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). “Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala.” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 1(1), 8 April 2021

Safwandi, F., Fadlisyah, Z., Aulia, Z., & Zulfakhmi. (2021). “Rancang Bangun Sistem Informasi Publik Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran).” Jurnal Informatika, 11(1), 6–12

I. Pratiwi, S. Anardani, dan A. R. Putera, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Mata Pelajaran Dengan Metode Waterfall,” JDMIS: Journal of Data Mining and Information Systems, vol. 1, no. 1, pp. 20-28, 2023

B. L. Handoko, A. Swat, L. Lindawati, dan M. Mustapha, “Application of Computer Assisted Audit Techniques in Public Accounting Firm,” International Journal of Management, vol. 11, no. 5, pp. 222-234, Mei 2021.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

CANDRA, D. (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DALAM PELAYANAN PUBLIK KANTOR LURAH BABUSSALAM. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 9(1), 09–15. https://doi.org/10.55686/ristek.v9i1.174