MEMBUAT TEKA-TEKI SILANG (TTS) HAKIKAT ILMU SAINS DAN METODE ILMIAH SECARA ONLINE MELALUI SITUS PUZZLEMAKER

Penulis

  • Tri Riswakhyuningsih SMP Negeri 2 Subah

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v8i1.154

Kata Kunci:

Hakikat Ilmu Sains, Metode Ilmiah, Online, Puzzlemaker, Teka-Teki Silang

Abstrak

Teka-teki silang dapat dijadikan sebagai permainan edukatif. Melalui permainan teka-teki silang, siswa dilatih penguasaan kosakata. IPA sebagai produk, banyak memiliki kosakata penting berupa konsep, prinsip, teori, dan hukum. Permainan teka-teki silang menarik jika diterapkan dalam pembelajaran IPA, contohnya pada materi hakikat ilmu sains dan metode ilmiah. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu deskripsi, reduksi, dan seleksi. Pada tahap deskripsi, dilakukan pencatatan semua materi materi hakikat ilmu sains dan metode ilmiah. Pada tahap reduksi, dilakukan pemilihan fokus penelitian, yaitu kegiatan review bab/tes topik dengan permainan edukatif. Pada tahap seleksi, fokus penelitian diuraikan menjadi lebih terperinci, yaitu permainan edukatif berupa teka-teki silang yang dibuat secara online melalui situs puzzlemaker. Rumusan masalahnya adalah bagaimana cara membuat teka-teki silang materi hakikat ilmu sains dan metode ilmiah secara online melalui situs puzzlemaker. Tujuan penelitian adalah memaparkan cara membuat teka-teki silang materi hakikat ilmu sains dan metode ilmiah secara online melalui situs puzzlemaker.

Referensi

N. P. J. D. S. I. I. W. &. J. I. N. Wulan, "Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS," Jurnal Edutech Undiksha, vol. 7, no. 1, pp. 66-74, 2019.

Kemdikbud, Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 4, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2019.

Wirahyuni, "Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Teka-Teki Silang dan ‘Balsem Plang’," ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 01-11, 2017.

I. &. R. S. Wahyudi, "Permainan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Mufradāt di Kelas X IPA MA Irsyadun Nasyi’in," An-Nuqtah, vol. 1, no. 1, pp. 13-18, 2021.

Y. E. E. &. N. E. Elviza, "eningkatan Penguasaan Kosakata melalui Teknik Permainan Teka-teki Silang di Kelas VII. A SMPN 2 Sungai Penuh," Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 469-476, 2013.

P. W. W. J. &. H. S. Kinanti, "Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)," Pancaran Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 27-36, 2014.

O. G. Setyawan, "Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang Bergambar terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Tunarungu Kelas IV," Jurnal Ortopedagogia, vol. 1, no. 4, pp. 289-295, 2015.

H. A. &. W. E. Candra, "Permainan Teka-Teki Silang Bergambar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Anak Tunagrahita Ringan," Jurnal Ortopedagogia, vol. 2, no. 1, pp. 51-53, 2018.

B. &. M. S. Purwoko, "Permainan Teka-Teki Silang Bergambar terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Tunarungu," Jurnal Pendidikan Khusus, vol. 10, no. 2, pp. 32-40, 2018.

P. A. A. A. A. G. &. M. S. M. P. Putra, "Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Permainan Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 di SD Negeri 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng," MIMBAR PGSD Undiksha, vol. 2, no. 1, pp. 15-27, 2014.

R. &. S. A. Aspriyani, "Pengembangan Modul Matematika Berbasis Brain Based Learning Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang pada Materi Barisan dan Deret Geometri," JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), vol. 13, no. 1, pp. 47-60, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitiatif dan Deskriptif, Yogyakarta: Airlangga, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2023