PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v7i2.149Kata Kunci:
Klasifikasi Makhluk Hidup, Sumber Belajar, YoutubeAbstrak
Tujuan penelitian adalah untuk memanfaatkan YouTube sebagai sumber belajar klasifikasi makhluk hidup.
Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu deskripsi,
reduksi, dan seleksi. Dilakukan eksplorasi secara mendalam terhadap pemanfaatkan YouTube sebagai sumber
belajar materi klasifikasi makhluk hidup. Pada tahap deskripsi, dilakukan pencatatan semua informasi terkait
materi IPA yang dipelajari siswa kelas VII. Pada tahap reduksi, dilakukan pemilihan fokus penelitian. Fokus
penelitian adalah materi klasifikasi makhluk hidup. Pada tahap seleksi, fokus penelitian, diuraikan menjadi lebih
terperinci meliputi link YouTube yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, isi konten video, dan dokumentasi
hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes. Data dikumpulkan dengan teknik
dokumentasi. Validasi dilakukan secara sirkuler, berulang-ulang dengan berbagai cara dan berbagai sumber.
Kesimpulan pada tahap deskripsi, reduksi, dan seleksi, diolah dari data yang diperoleh melalui proses berpikir,
bertanya, analisis, kesimpulan, dan pencandraan. Analisis data dilakukan dengan cara bertanya kepada siswa
terkait pemanfaatan YouTube sebagai sumber belajar materi klasifikasi makhluk hidup, menganalisis kebenaran
jawaban yang diberikan, membuat kesimpulan, dan melakukan refleksi. Sumber belajar materi klasifikasi makhluk
hidup yang terdapat di YouTube antara lain pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, gerak tumbuhan putri
malu, gerak tumbuhan venus,kingdom monera, kingdom protista, kingdom fungi, kingdom plantae, dan
kingdom animalia.Video-video tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna pada siswa, karena
menampilkan gambar bergerak dan suara, sehingga siswa mampu menyerap pesan atau informasi dengan
menggunakan lebih dari satu indera.
Unduhan
Referensi
Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I.
T. (2020). Youtube Sebagai Media
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Efektif di SMK Nurul Yaqin
Sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen
Dan Pendidikan Islam, 7(1), 74-88.
Oktavia, C. D., Abdi, A. W., & Azis, D.
(2017). Hubungan Penggunaan Youtube
sebagai Sumber Belajar dan Keterampilan
Membaca Peta dengan Hasil Belajar IPS
Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17
Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Pendidikan Geografi, 2(4).
Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan
Youtube Sebagai Sumber Belajar
Fisika. JOEAI: Journal of Education and
Instruction, 2(2), 83-90.
Ramadhani, D. (2016). Pemanfaatan Situs
YouTube Sebagai Sumber Belajar Pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA
Panjura Malang. SKRIPSI Jurusan Sastra
Indonesia-Fakultas Sastra UM
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J.
(2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar
Generasi Milenial. Journal of Civic
Education, 2(3), 313-323.
Setiawan, Y., Andamsari, & Martiningsih,
R.R. (2020). Penerapan Pembelajaran
Menggunakan Fitur-Fitur Rumah Belajar.
Pusat Data Dan Teknologi Informasi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun:
Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung:
Alfabeta.
Suryaman, M. (2015). Penggunaan
Youtube sebagai Media Pengajaran Bahasa
dan Sastra Indonesia pada Kurikulum
Tersedia Di Https://Sites. Google.
Com.
Video gerak pada putri malu diakses
pada dari
https://www.youtube.com/watch?v=BL
TcVNyOhUc&t=50s.
Video gerak pada tumbuhan venus
yang diunduh dari
https://www.youtube.com/watch?v=sg
sgM1CRP5A.
VideoKingdom Monera, Protista, dan
Fungi dari
https://www.youtube.com/watch?v=r
YT4FRW903M&t=183s.
VideoKingdom Plantae dan Animalia
dari
https://www.youtube.com/watch?v=N
sYEW1JOmJA&t=22s.
Video pertumbuhan dan
perkembangan dari
https://www.youtube.com/watch?v=E
JSyPrmu1-4.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tri Riswakhyuningsih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.