PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS IXA DI SMP NEGERI 1 KANDEMAN
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v7i2.148Kata Kunci:
Model PBL, Media Gambar, Aktivitas Belajar, Hasil BelajarAbstrak
Aktivitas Belajar, terutama aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan sangat penting dalam
proses pembelajaran, kenyataan yang terjadi selama ini adalah aktivitas belajar berupa
kemampuan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan peserta didik rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran; (2) meningkatkan aktivitas
belajar peserta didik; dan (3) meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IX A melalui
model problem based learning (PBL) berbantuan media gambar di SMP Negeri 1 Kandeman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan desain spiral Kemmis &
Taggart. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran dengan model PBL
berbantuan media gambar dapat diterapkan pada pembelajaran IPS kelas IX A di SMP N 1
Kandeman Batang, ada peningkatan rata-rata dari lima tahapan PBL, pada siklus 1 rerata 65,00
(baik) dan siklus II rerata 85,00 (sangat baik). (2) Ada peningkatan rata-rata dari enam indikator
amatan aktivitas belajar peserta didik, pada siklus I rerata skor 61,27 (aktif) dan siklus II rerata
skor 82,80 (sangat aktif). (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, pada
siklus I ketuntasan belajar 70,59% dengan rerata nilai 71,91; dan siklus II 85,29% dengan rerata
nilai 85,15. Penerapan Model PBL berbantuan media Gambar dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar IPS.
Unduhan
Referensi
AQil, M. (2023). The New Paradigm for Social
Studies Learning in Junior High
Schools. Council: Education Journal of Social
Studies, 1(2), 1-5.
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022).
Pengembangan virtual reality sebagai media
pembelajaran sistem tata surya. JKTP: Jurnal
Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91-99
Djuhan, M. W., & Trianto, A. (2020). Upaya
menumbuhkan jiwa intrapreneur siswa melalui
materi kewirausahaan dalam pembelajaran
ilmu pengetahuan sosial di MTS Sabilul Huda
Ponorogo. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan
Islam, 1(02), 120-127.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan
antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya
belajar dengan hasil belajar kognitif
siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis
perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-
Azizah, A. N., Ekowati, D. W., & Regina, B.
D. (2019). Peningkatan Kemampuan
Komunikasi Matematis Menggunakan Teori
Belajar Gagne dan Media Kartu Pecahan dalam
Materi Pecahan Senilai. Indonesian Journal of
Primary Education, 3(1), 48-61.24
Elbaliem, G. K., Widiastuti, T. R., &
Purboningsih, E. R. (2020). Analisis Dyadic
Relationship Maintenance Behavior Pada
Pasangan Yang Menjalani Hubungan
Pernikahan Jarak Jauh. Psycho Idea, 18(2),
-189.
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I.
N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran
Problem based learning (PBL) terhadap
Motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal
Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65.
Suharto, S., & Zamroni, Z. (2016).
Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar IPS
Model Problem-based Learning Berbantuan
Media SMPN 2 Kawunganten. Harmoni
Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 82-94.
Budiharto, B. (2021). Peningkatan Hasil
Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) pada Siswa
Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Ajung. Education
Journal: Journal Educational Research and
Development, 5(1), 97-110
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wulan Dwi Aryani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.