PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS IXA DI SMP NEGERI 1 KANDEMAN

Penulis

  • Wulan Dwi Aryani SMP N 1 Kandeman Kabupaten Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v7i2.148

Kata Kunci:

Model PBL, Media Gambar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Aktivitas Belajar, terutama aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan sangat penting dalam
proses pembelajaran, kenyataan yang terjadi selama ini adalah aktivitas belajar berupa
kemampuan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan peserta didik rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran; (2) meningkatkan aktivitas
belajar peserta didik; dan (3) meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IX A melalui
model problem based learning (PBL) berbantuan media gambar di SMP Negeri 1 Kandeman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan desain spiral Kemmis &
Taggart. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran dengan model PBL
berbantuan media gambar dapat diterapkan pada pembelajaran IPS kelas IX A di SMP N 1
Kandeman Batang, ada peningkatan rata-rata dari lima tahapan PBL, pada siklus 1 rerata 65,00
(baik) dan siklus II rerata 85,00 (sangat baik). (2) Ada peningkatan rata-rata dari enam indikator
amatan aktivitas belajar peserta didik, pada siklus I rerata skor 61,27 (aktif) dan siklus II rerata
skor 82,80 (sangat aktif). (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, pada
siklus I ketuntasan belajar 70,59% dengan rerata nilai 71,91; dan siklus II 85,29% dengan rerata
nilai 85,15. Penerapan Model PBL berbantuan media Gambar dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar IPS.

Referensi

AQil, M. (2023). The New Paradigm for Social

Studies Learning in Junior High

Schools. Council: Education Journal of Social

Studies, 1(2), 1-5.

Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022).

Pengembangan virtual reality sebagai media

pembelajaran sistem tata surya. JKTP: Jurnal

Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91-99

Djuhan, M. W., & Trianto, A. (2020). Upaya

menumbuhkan jiwa intrapreneur siswa melalui

materi kewirausahaan dalam pembelajaran

ilmu pengetahuan sosial di MTS Sabilul Huda

Ponorogo. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan

Islam, 1(02), 120-127.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan

antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya

belajar dengan hasil belajar kognitif

siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis

perkembangan ilmu pengetahuan dan

teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-

Azizah, A. N., Ekowati, D. W., & Regina, B.

D. (2019). Peningkatan Kemampuan

Komunikasi Matematis Menggunakan Teori

Belajar Gagne dan Media Kartu Pecahan dalam

Materi Pecahan Senilai. Indonesian Journal of

Primary Education, 3(1), 48-61.24

Elbaliem, G. K., Widiastuti, T. R., &

Purboningsih, E. R. (2020). Analisis Dyadic

Relationship Maintenance Behavior Pada

Pasangan Yang Menjalani Hubungan

Pernikahan Jarak Jauh. Psycho Idea, 18(2),

-189.

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I.

N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran

Problem based learning (PBL) terhadap

Motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal

Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65.

Suharto, S., & Zamroni, Z. (2016).

Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar IPS

Model Problem-based Learning Berbantuan

Media SMPN 2 Kawunganten. Harmoni

Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 82-94.

Budiharto, B. (2021). Peningkatan Hasil

Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran

Problem Based Learning (PBL) pada Siswa

Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Ajung. Education

Journal: Journal Educational Research and

Development, 5(1), 97-110

Unduhan

Diterbitkan

20-06-2023