APLIKASI PEMETAAN JABATAN DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BATANG BERBASIS WEB

  • Hari Agung Budijanto STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Risqiati STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Anung Andita STMIK Widya Pratama Pekalongan

Abstract

Di Sekretariat Daerah Kabupaten Batang bagian OPD atau Organisasi Perangkat Daerah yang salah satu tugasnya menganalisa jabatan. Dari proses analisa jabatan tersebut dibuatlah peta jabatan, berdasarkan wawancara dengan narasumber Mas Popi selaku pegawai OPD di Sekretariat Daerah Kabupaten Batang bahwa proses penginputan data peta jabatan langsung di input ke tabel yang tersedia di database tanpa ada tampilan dari aplikasinya dan perlu adanya hak akses untuk masing – masing user yang mengakses ke database tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan datanya, metode pengembangan aplikasinya menggunakan metode waterfall, sedangkan metode pengujian yang digunakan yaitu whitebox, blackbox dan UAT. Setelah dilakukan metode pengumpulan data, metode pengembangan sistem dan metode pengujian sistem maka telah terwujudnya aplikasi pemetaan jabatan berbasis web ini. Kesimpulannya adalah aplikasi Pemetaan Jabatan berbasis web ini sudah sesuai dengan kebutuhan dari Sekretariat Daerah Kabupaten Batang dan Masyarakat. Untuk pengembangan selanjutnya perlu mengintegrasikan aplikasi Pemetaan Jabatan ini dengan aplikasi Analisa Jabatan yang sudah ada.

References

Asropudin, P. Kamus Teknologi Informasi. Bandung: CV Titian Ilmu, 2013.
Betha, S. Menggunakan Framework Codeigniter Untuk Memudahkan Pengembangan Pemrograman Aplikasi Web. Bandung: Informatika Bandung, 2012 .
Ernawati, E., Hidayah, N. A., & Fetrina, E. "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta)." Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), (2017).
Hariyanto, A. Membuat Web Profil Sekolah + PPDB Online. Yogyakarta: Lokomedia, 2015.
Maarif, V., Nur, H. M., & Rahayu, W. "Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android." 6(1), 91–100, (2018).
Sanjaya, W. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2014.
Sihombing, Daniel Oktodeli. "Perancangan Aplikasi Web Untuk Pencarian Lokasi Dan Rute Rumah Sakit Berbasis Google Maps API." Khatulistiwa informatika 3, no. 1, 50-57, (2015).
Yusdar, Y., & Irwansyah, I. "Rekonstruksi Hukum Lelang Jabatan Struktural Dalam Rangka Reformasi Birokrasi." Papua Law Journal, 1(1), 101-118, (2016).
Published
2021-07-15