IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMBERIAN PINJAMAN KOPERASI TATAPAN PRIMA SEJAHTERA

Indonesia

Penulis

  • Alexander Irfan Stt Wastukancana Purwakarta
  • Mochzen G. Resmi Teknik Informatika, Teknik, STT Wastukancana
  • Agus Sunandar Teknik Informatika, Teknik, STT Wastukancana

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v8i1.135

Kata Kunci:

Koperasi, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Weighted Product

Abstrak

Dalam kegiatan koperasi simpan pinjam ternyata tidak semua masyarakat bisa diberikan pinjaman karena keterbatasan dana yang dimiliki oleh koperasi di TATAPAN PRIMA SEJAHTERA. Hal ini menyebabkan koperasi harus membuat kebijakan tertentu mengenai kriteria pemberian pinjaman seperti usia, pekerjaan, penghasilan, tanggungan, besar simpanan (anggota), jaminan dan jangka waktu. Diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk melakukan seleksi calon penerima pinjaman karena masih dilakukan secara konvensional yaitu proses pengambilan keputusannya dilakukan satu persatu dan karena saat sebelumnya pihak koperasi memberikan pinjaman ke para calon nasabah nya tidak berdasarkan perhitungan dengan berkas-berkas yang ada dan yang terjadi ada beberapa nasabah yang sulit sulit untuk membayar angsuran dan akhirnya kabur-kaburan sehingga sulitnya pihak koperasi menagihnya. Dan akibat nya koperasi mengalami kerugian yang sangat besar di akibatkan pada permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengimplementasikan informasi yang diperoleh di Koperasi kedalam sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan analis kredit, untuk membuat suatu Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan dalam penentuan Plafond (besar kredit dan jangka waktu angsuran) berdasarkan data survei, dengan menggunakan metode Weighted Product.

Referensi

R. Y. K. P. A. L. L. Yuliana Astiti Fonga Wea Tae, "Application of the Weighted Product Method in a Decision Support System to Determine Children's Multiple Intelligence," IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernatics Systems, vol. 16, no. 3, pp. 251-260, 2022.

G. W. Sasmito, "Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal," J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6-12, 2017.

S. E. Rianti, "Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman Koperasi Warga Desa Pal 30 Menggunakan Algoritma Weighted Product," SAINTIK J. Sain Inform. Sist., vol. 5, no. 1, pp. 12-23, 2022.

M. A. A. E. B. M Haris Adiansyah, "IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT SEBAGAI SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN DESTINASI WISATA DAN KULINER FAVORIT DI MALANG," Rainstek : Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, vol. 2, no. 2, pp. 147-153, 2020.

A. T. a. F. S. Hidayat, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Pinjaman Modal Dana Bergulir Koperasi Simpan Pinjam Pada Diskoperindag Kabupaten Serang Menggunakan Metode Topsis," ProTekInfo Pengembangan Ris. dan Obs. Tek. Inform, vol. 3, no. 1, pp. 49-54, 2017.

D. I. S. M. Dyna Marisa Khairina, "Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android," Jurnal Infotel, vol. 8, no. 1, pp. 16-23, 2016.

H. M. Dwi Cahyanto Yoni, "Penerapan Metode WP (Weighted Product) Untuk Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto," JUITA, vol. 4, no. 1, pp. 22-27, 2016.

D. R. B. W. Budi Nugroho, "IMPLEMENTASI METODE WP (WEIGHTED PRODUCT) UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN SISWA DI SMA NEGERI 1 GROBOGAN," Jurnal TIKomSiN, vol. 4, no. 2, pp. 54-61, 2018.

D. T. W. Aziz Ahmadi, "Implementasi Weighted Product (WP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan," Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2014.

R. R. S. S. A. M. Y. Z. H. Agung Sugiarto, "Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Pegawai Pada CV Bejo Perkasa," Bianglala Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta, vol. 8, no. 2, pp. 24-32, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2023