STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA WAY KAMBANG EDUPARK DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

Penulis

  • Afifah Agustin Universitas Diponegoro
  • Heru Anisa Agustiani Universitas Diponegoro
  • Rintu Kaloka Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v7i1.128

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Branding, Brand awareness, Instagram

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan strategi komunikasi yang dilakukan pengelola Way Kambang Edupark dalam melakukan branding melalui media sosial Instagram, komunikasi persuasif, dan promosi sehingga dapat menciptakan kesadaran atau awareness publik mengenai adanya pariwisata baru bernama Way Kambang Edupark. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan literatur yang dikaji sebagai bahan referensi dan  pembanding dari hasil penelitian sebelumnya.  Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memungkinkan  untuk  memahami masalah secara lebih mendalam dengan menggunakan paradigma konstruktivis, karena dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan  realitas sosial yang terjadi pada pengelolaan tempat pariwisata yang tergolong baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi dan taktik branding oleh pengelola wisata Way Kambang Edupark dalam menarik awareness publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan startegi komunikasi melalui media sosial Instagram, komunikasi persuasif, dan promosi dinilai efektif untuk membranding Way Kambang Edupark  dan mampu menciptakan awareness publik terhadap pariwisata yang masih tergolong baru.

Referensi

A. Ayuningtyas, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata Goa Pindul Gunung kidul.(Skripsi Strata Satu, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta”, 2020) , Maret. 2020 Available:https://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/39390/ .[Accessed 17 Juni 2022].

A. Hakim, “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Kota Malang (Studi Kasus Pada Bisnis Pemain dan Pecinta Sepak Bola)”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1, No.7, pp 1449 – 1458, Des 2020.

A. Hanana, N. Elian, & R. Marta, “Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Wisata Di Kawasan Wisata Pantai Padang, Kota Padang”, Jurnal Ilmu Komunikasi Mamangan, pp 34-36, Jan. 2017.

A. Martin, D. Maulida, “Strategi Komunikasi Dinas Sosial dalam Usaha Pemberdayaan Masyarakat Berkebutuhan di Kabupaten Nagan Raya,” Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 3 No. 4, pp 5689 – 5694, Sep. 2022.

A. N. Sutisno, & A. H. Afendi, “Penerapan Konsep Edu-Ekowisata Sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan”. Ecolab Vol.12 No.1, pp 1-52. Jan. 2018.

A. Rohimah, & L. Hakim, “Ekologi Media : Penguatan Ekuitas Industri Pariwisata Melalui Media Sosial Marketing”, Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.5, No. 1, pp 99-118, Juni. 2021.

D. Kurniawan, “Komunikasi Model Laswell dan Stimulus-Organism-Response dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan”, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No.1, pp 60 – 68, Jan. 2018.

Dwinarko., dkk, “Pelatihan Manajemen Komunikasi pada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat”, Yumary; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 No.4, pp 217-225, 2021.

E. Sitepu, & Sabrin, “Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Meningkatkan Minat Berwisata di Sumatera Utara”, Jurnal Massage Komunikasi Vol.9, No. 1, pp 28-44, Agust. 2020

E. Uzlifatul, & M. Agoes, “Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Baru Setigi di Gresik Jawa Timur”, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.9 No.2, pp 115-120, Okt. 2019.

E. Zulaefa, “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempromosikan Objek Wisata Punthuk Setumbu,” Vol.2 No.1., pp 2-5, 2019. Available : darihttps://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ilkom/article/view/15797. [Accessed 17 Juni 2022].

K. Hadiwinata, H. Mundzir, & S. Muslim, “Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran dan Branding Bisnis di Era Pandemi Covid-19”, Senabisma, Vol.6, No.2, pp 62–68, Okt. 2020.

M. Pritandhari, T. Ratnawuri, “Analisis Pembelajaran Monopoli Ekonomi (MONOKOMI) Pada Siswa Boarding School”, JURNAL PROMOSI : Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.6 No.2, pp 99 – 105, 2018.

N. Rachmat, R. Ida, “Analisis SWOT Strategi komunikasi Pemasaran Pada Taman Air Sri Baduga, Purwakarta”. AGUNA : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.1 No.1, pp 37-54, Juli. 2020.

Unduhan

Diterbitkan

15-12-2022