IMPLEMENTASI MODEL PjBL DENGAN INFOGRAFIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK VIIB SMPN 1 KANDEMAN

Penulis

  • Wulan Dwi Aryani SMPN 1 Kandeman

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v7i1.127

Kata Kunci:

PjBL , Kreativitas belajar , Hasil belajar , Infografis , Canva

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model PjBL dengan infografis canva, meningkatkan kreativitas belajar peserta didik, meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VII B SMPN 1 Kandeman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan desain spiral Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik  kelas VIIB. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan  kelas (Classroom Action Reseach) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar,  dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi guru dan peserta didik, soal tes hasil belajar serta lembar dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan beberapa keluaran diantaranya, Model PjBL dengan Infografis Canva dapat diimplementasikan pada Pembelajaran IPS kelas VIIB  di SMP N 1 Kandeman Batang, ada peningkatan Rata-rata dari Enam tahapan Model PjBL dengan Infografis Canva, pada Siklus I Rerata 75,00 (B) dan Siklus II Rerata 91,66 (SB), terdapat peningkatan 16,66; Peningkatan rerata empat  Indikator amatan Kreativitas Peserta Didik, pada Siklus I rerata skor 23,00 (72,00%) Kategori Kreatif dan siklus II  Rerata skor 27,75 (86,72%) Kategori Sangat Kreatif, terdapat peningkatan 4,75 (14,84%); Peningkatan ketuntasan Hasil Belajar IPS Peserta Didik, pada Siklus I ketuntasan belajar  68,75% dengan Rerata Nilai 72,50  dan Siklus II 87,50% dengan Rerata nilai 82,66. Terdapat Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar 18,75% dengan peningkatan Rerata Nilai 10,1.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Hermawan, "Langkah-Langkah Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)," ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, 24 November 2020. [Online]. Available: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/project-based-learning/. [Accessed 20 Oktober 2022].

A. F. I. K. A. Aris Yulianto, "Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa," Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 2, no. 3, pp. 448-453, 2017.

kumparan, "cara membuat infografis di canva," kummparan.com, 18 Oktober 2021. [Online]. Available: http://kumparan.com (2022).how-to-tekno/cara-membuat-infografis-di-canva. [Accessed 1 Oktober 2022].

S. &. M. T. R. Kemmis, The action research planner, Deakin: University Press, 1990.

D. Mardapi, Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes, Yogyakarta: Mitra Cendekia, 2008.

U. Munandar, Pengembangan Kreativitas anak berbakat, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2012.

Santyasa, Pembelajaran inovatif: model kolaboratif, basis proyek dan orientasi NOS, Semarapura: Universitas Pendidikan Ganesha, 2006.

A. Suprijono, Cooperatif learning teori dan aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

W. d. Hariyanto, Pembelajaran Aktif, Bandung: Remaja Posdakarya, 2013.

H. Uno, Model pembelajaran, menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Wena, Strategi pembelajaran inovatif kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

H. &. S. Zaini, engantar ilmu sosial, Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi proyek pendidikan Tenaga Akademik, 1996.

Unduhan

Diterbitkan

15-12-2022

Cara Mengutip

Aryani, W. D. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PjBL DENGAN INFOGRAFIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK VIIB SMPN 1 KANDEMAN. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 37–49. https://doi.org/10.55686/ristek.v7i1.127