IMPLEMENTASI PJJ MODA DARING (ONLINE) MAPEL IPS DENGAN MENGGUNAKAN AKUN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IX A SMPN 1 KANDEMAN
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.120Kata Kunci:
Kata Kunci : PJJ daring, Akun Pembelajaran, IPS, Covid-19Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Implementasi PJJ moda Daring (online) Mapel IPS; 2) Mengetahui faktor apa saja yang menjadi Penghambat Implementasi PJJ moda Daring (online) Mapel IPS; 3) Mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung Implementasi PJJ moda Daring (online) Mapel IPS dengan menggunakan Akun Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif, menggunakan desain Sugiyono. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Implementasi PJJ moda Daring Mapel IPS melalui tiga kegiatan yakni: perencanaan, pelaksanaan dan evalusai. Dalam perencanaan guru menyiapkan RPP, media pembelajaran, meyiapkan penilaian. Dalam pelaksanaan guru melakukan pembelajaran sinkronus dengan google workspace for education seperti google meet, slide, form dan classroom yang diakses dengan akun pembelajaran. Kegiatan evaluasi peserta didik sudah terbiasa melaksanakan PJJ daring dan mengumpulkan tugas secara online (2) Adapun faktor pengambat PJJ moda daring (online) adalah jaringan internet yang kurang stabil, tidak memiliki kuota internet, tidak memiliki tools seperti HP atau laptop, terkadang space ruang HP tidak cukup untuk mengakses aplikasi, sering lupa akun dan password @belajar.id (3) Faktor Pendukung pembelajaran daring diantaranya adalah tersedianya sarpras di sekolah seperti jaringan wifi, komputer laptop, kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi yang digunakan dalam PJJ daring dan pemerintah memfasilitasi kuota internet gratis setiap bulannya kepada peserta didik sebanyak 10 GB.
Unduhan
Referensi
M. Pendidikan, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19), Jakarta: KEMENDIKBUDRISTEK, 2020.
Rusman, Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2011.
k. admin, "lpmp kemdikbud," akun belajar vs akun google, 6 Agustus 2021. [Online]. Available: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/akun-belajar-id-vs-akun-google-pribadi/. [Accessed 12 Juni 2022].
I. Munawarah, Virtual Learning Pembelajaraan Jarak Jauh, Majalah Ilmiah, 2005.
N. Sulistyo, "“Keefektifan E-Learning Sebagai. Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra, Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E- Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto)”," Jurnal Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2013.
N. Lasapa, "Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Sidole," Jurnal Kreatif Online, vol. 5, no. 2, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017.
Tasrif, Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Yogyakarta: Genta Press, 2017.
Trianto, Model pembelajaran terpadu, konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
T. Rachmawati, Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik, Yogyakarta: Gava Media, 2015.
U. Nadifah, "Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IIIA MIN Klangenserut Tahun Pelajaran 2015/2016," Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, vol. 5, no. 2, 2018.
H. &. S. Zaini, Pengantar Ilmu Sosial, Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik, 1996.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Wulan Dwi Aryani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.