STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESTINASI WISATA PANTAI SIGANDU DI KABUPATEN BATANG

Penulis

  • Mj Rizqon Hasani Universitas Diponegoro
  • Nikolaus Ageng Prathama Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.116

Kata Kunci:

Strategi, Komunikasi Pemasaran, IMC, Pariwisata

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran objek Pantai Sigandu serta hal- hal yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemasaran Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Informan terdiri dari para pengunjung lokasi penelitian, pelaku wisata, organisasi wisata dan kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Usaha Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Data yang digunakan dalam penelitian adalah kombinasi dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Batang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah melakukan strategi komunikasi pemasaran yang dirancang oleh internal tanpa melibatkan pelaku wisata dalam perencanaan. Pemasaran wisata Pantai Sigandu dilakukan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) melalui advertising, public relations, sales promotion dan personal selling. Strategi komunikasi pemasaran antara lain fokus pada ; image, daya tarik alam, dukungan masyarakat dan kemajuan teknologi. Strategi komunikasi pemasaran yang menonjolkan keunikan Sigandu yaitu panorama alam yang bersih dan daya tarik fasilitas wisata seperti outbond, atraksi hewan dll.

Referensi

H. Cangara, “Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi.”, Jakarta: Grafindo Persada, 2009.

Ismayanti, “Pengantar Pariwisata”, Jakarta: Grasindo, 2009.

N. Hidayah, “Pemasaran Destinasi Pariwisata”, Bandung: Alfabeta, 2019.

S. d. L. Murdiyanto, "“Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen.”," Jurnal WACANA, vol. 17, no. 2, 2018.

E. P. d. Juprianto, "“Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kemaritiman Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pulau Banyak.”," Jurnal Darma Agung, vol. 27, no. 1, 2019.

M. Azzahrani, "Mardhiyah, “Strategi Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia dalam Pesona Indonesia melalui Youtube.”," Jurnal Manajemen Komunikasi, vol. 2, no. 2, 2018.

M. d. Huberman, “Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode-metode Baru, Jakarta: UI Press, 1992.

R. Soemanaraga, “Strategic Marketing Communication", Bandung: Alfabeta, 2006.

A. Jatengprov, "“Sedot Wisatawan, Gelar Pantura Expo Tourism”," Jatengprov.go.id., 18 April 2021. [Online]. Available: https://jatengprov.go.id/beritadaerah/sedot-wisatawan-gelar-pantura-expo-tourism/. [Accessed 26 Juni 2022].

A. Radarpekalongan, "“Gelar Pantura Tourism Expo Ke-2, Undang Ratusan Buyer dan Seller”," radarpekalongan.co.id, 14 Desember 2021. [Online]. Available: https://radarpekalongan.co.id/. [Accessed 26 Juni 2022].

Unduhan

Diterbitkan

28-07-2022