JENIS TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DI KAWASAN TEMBAWANG OMPU OBU DUSUN JAMBU

Penulis

  • Sabinus Beni Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.114

Kata Kunci:

Tembawang, Obat, Tradisional

Abstrak

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan flora dan faunanya, keterkaitan dengan flora hutan di Indonesia banyak ditemukan jenis-jenis tumbuhan obat dari bermacam-macam habitus dan famili.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan obat yang terdapat dikawasan Tembawang Ompu Obu Dusun Jambu Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau serta untuk mengatahui manfaat tumbuhan obat oleh masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode survey (observasi)lapangan, wawancara dan studi literatur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hutan Tembawang Ompu Obu Dusun Jambu terdapat 48 jenis tumbuhan obat yang terbagi 33 famili yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengobati lebih dari 20 jenis penyakit. Sedangkan berdasarkan pengelompokan perdu merupakan yang paling banyak yaitu berjumlah 13 jenis, pohon 12 jenis,herba 8 jenis, dan selanjutnya liana 6 jenis.

Referensi

H. A. Hariana, Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta: Penerbit Swadaya, 2007.

E. A. M. Zuhud and Haryanto, “Pelestarian Pemanfaatan Keanekaragaman Tumbuhan Obat Hutan Tropika Indonesia,” Bogor, 2004.

A. Agoes, Kapita Selekta Farmakologi dan Obat Tradisional. Bandung: Angkasa, 2003.

A. Aliadi and H. S. Roemantyo, Kaitan Pengobatan Tradisional dengan Pelestarian Pemanfaatan Tumbuhan Obat, Prossiding Pelestarian Pemanfaatan Tumbuhan Obat dari Hutan Tropika Indonesia. Bogor: Fakultas Kehutanan IPB, 2004.

M. Suhirman, “Program Perkembangan Tanaman Obat,” Bogor, 2010.

Jaini, “Risalah Potensi Tumbuhan Buah-buahan dan Tumbuhan Sebagai Obat pada Kebun Plasma Nuftah di Areal HPH PT. Sari Bumi Kusuma Sintang, Kal-Bar,” Universitas Tanjungpura, 2004.

Hermani and S. Yulianti, Obat-obatan Aprodisioka yang Bersumber dari Bahan Alam. Bogor: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, 2010.

O. Soemarwoto, Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Bandung: Djambatan, 2004.

V. Steenis, Flora. Jakarta: Pradnya Paramita, 2012.

K. Heyne, Tumbuhan Berkhasiat Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Departemen Kehutanan, Departemen Kehutanan, 2007.

T. Tampubolon, Tumbuhan Obat. Jakarta: Bharata Karya Aksara, 2011.

Rusdi, “Penelitian Tumbuhan Obat Tradisional, Dalam Tumbuhan Sebagai Obat,” Padang, 2008.

Romulus, “Studi Etnobotani Tumbuhan yang Berkhasia Sebagai Obat di Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak,” Universitas Tanjungpura, 2005.

Latifah, “Studi Etnobotani Tumbuhan Obat di Dusun Parit Timur pada PT. Ihutani II Kecamatan Tanjung Satai Pulau Maya Karimata, Kabupaten Ketapang,” Universitas Tanjungpura, 2000.

H. Wijayakesuma, Tanaman Barkhasiat Obat di Indonesia Jilid I-IV. Jakarta: Pustaka Kartini, 2004.

Tjitrosoepomo and Gembong, Taksonomi Tumbuhan Obat-obatan, Edisi ke-1. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2004.

Unduhan

Diterbitkan

28-07-2022