DIGITALISASI DESA SEBAGAI UPAYA PERCEPATAN PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE

Penulis

  • Kusroh Lailiyah Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.112

Kata Kunci:

Digitalisasi Desa, Good Governance, Pelayanan Publik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi digitalisasi Desa sebagai upaya percepatan pelayanan public dalam mewujudkan good governance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Arah dan kebijakan pembangunan desa hingga 2030 merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2019 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Ada tiga hal besar yang ditargetkan yaitu Pertama, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai kewenangan desa yang bertumpu pada revitalisasi BUMDes dan BUMDes. Hal ini sangat memungkinkan karena selama ini BUMDes akan menjadi Badan Hukum setelah disahkan Undang-undang Cipta Kerja. Kedua, penyediaan listrik desa dan ketiga pengembangan ekonomi produktif yang dikelola oleh BUMDes dan BUMDesma. Kemudian terkait Program Prioritas Nasional sesuai dengan kewenangan desa adalah yaitu pendataan desa, pemetaan sumberdaya dan pengembangan teknologi informasi komunikasi (TIK). Ada empat model desain desa digital yaitu Digitalisasi untuk penyusunan Database bagi desa-desa yang berbasis Big Data, Digitalisasi untuk pengembangan desa unggulan, Digitalisasi untuk percepat layanan Pemerintahan Desa, Digitalisasi untuk peningkatan transparansi keuangan dan kegiatan pembangunan desa.

Referensi

A. H. Batubara, "Pelayanan Publik sebagai pintu masuk dalam mewujudkan good governance," urnal analisis adminstrasi dan kebuijakan, 2015.

V. Y. P. (. Ardhana, "Website Based Village Population Data Information System Sistem Informasi Data Kependudukan Desa Berbasis Web," SainsTech Innovation Journal, 2019.

Z. B. W. B. P. D. &. R. S. Arifin, "Inovasi Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Produk Unggulan Daerah oleh Nelayan Purse Seine Menggunakan Teknologi GPS," GPS. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2020.

A. Dwiyanto, engapa Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2015.

A. Dwiyanto, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2015.

F. F. D. &. W. F. F. (. Imaniawan, "Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Pada Desa Bogangin Sumpiuh," Indonesian Journal on Networking and Security, 2017.

N. S. Maryam, "Mewujudkan good governance melalui pelayanan public," Jurnal ilmu politik dan komunikasi, 2016.

K. K. &. D. I. G. A. E. Pardani, "Pengaruh Pemanfaatan Teknologi, Partisipasi Pemakai, Manajemen Puncak Dan Kemampuan Pemakai Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi," E-Jurnal Akuntansi, 2017.

S. &. S. D. Paryanta, "Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Desa Sawahan," IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 2017.

S. A. Mardiyani, "Digitalisasi Desa Untuk Meningkatykan Kualitas Layanan dan Informasi," jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2020.

E. A. R. &. B. R. Wijaya, "esa Digital: Peluang untuk Mengoptimalkan Penyebarluasan Peraturan Perundang-undangan di Indonesia," Jurnal Dinamika Hukum, 2013.

A. E. W. Wuryanta, "Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi," Jurnal Ilmu Komunikasi, 2004.

a. web, "humabetang.com," presiden jokowi wujudkan digitalisasi desa indonesia maju, 19 April 2021. [Online]. Available: https://humabetang.com/berita/presiden-jokowi-digitalisasi-desa-wujudkan-transformasi-indonesia-maju. [Accessed 12 Juni 2022].

a. web, "cugungrajabasa.id," berproses menuju desa dgital peningkatan mutu lebih baik, 27 Juni 2021. [Online]. Available: https://cugung-rajabasa.desa.id/artikel/2021/11/2/berproses-menuju-digitalisasi-desa-untuk-peningkatan-mutu-pelayanan-desa-lebih-baik). [Accessed 12 Juni 2022].

Unduhan

Diterbitkan

28-07-2022