KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PRAKTIKUM KLASIFIKASI MATERI METODE KITCHEN PREPARATION DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v6i1.107Kata Kunci:
kitchen preparation, keterampilan proses sains, klasifikasi materiAbstrak
Kegiatan praktikum IPA selama ini berhasil membuat rasa keingintahuan siswa meningkat. Namun, di masa pandemi seperti sekarang, kegiatan praktikum di laboratorium tidak dapat dilakukan. Padahal, teori dan praktik pada IPA tidak dapat dipisahkan. Untuk mendukung peningkatan pemahaman siswa di masa pandemi, diperlukan keterampilan proses sains siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upayanya adalah menerapkan praktikum dengan metode kitchen preparation, yaitu praktikum dengan memanfaatkan alat dan bahan yang ada di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa pada praktikum klasifikasi materi dengan metode kitchen preparation di masa pandemi. Merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limpung, tahun pelajaran 2021/2022. Data diperoleh dari hasil laporan praktikum siswa, obserasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti kegiatan praktikum di rumah. Keterampilan proses sains pada kegiatan praktikum tercapai dengan baik. Metode kitchen preparation dapat menjadi solusi kegiatan pembelajaran di era pandemi.
Unduhan
Referensi
Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). "Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform". MedEdPublish, 9, 75. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1
Aktamis, H., & Ergin, O. (2008). "The Effect of Scientific Process Skills Education on Students’ Scientific Creativity, Science Attitudes and Academic Achievements". AsiaPacific Forum on Science Learning and Teaching, 9(1), 21. http://search.proquest.com/docview/61875613?accountid=14719
Bao, W. (2020). "COVID ‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University" . Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Chabalengula, V. M., Mumba, F., & Mbewe, S. (2012). "How pre-service teachers’ understand and perform science process skills". Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 8(3), 167–176. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.832a
Goldschmidt, K. (2020). "The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children". Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). "Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19". JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hodson, D. (1996). "Practical work in school science: Exploring some directions for change". International Journal of Science Education, 18(7), 755–760. https://doi.org/10.1080/0950069960180702
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). "Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19". JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Mukhyati, & Astuti, H. (2018). "Penerapan Science Writing Heuristic (SWH) pada Kegiatan Laboratorium Struktur Tumbuhan dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar dan KPS Peserta didik".
Remziye Ergul, Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmencelebi, S., & Sanli, M. (2011). "The Effects Of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students’ Science Process Skills And Science Attitudes". Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 5(1), 48–69.
Rustaman, N.Y., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S.A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). "Strategi Belajar Mengajar Biologi". In Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FP MIPA Universitas Pendidikan Indonesia. (Vol. 22, Issue 3). UM Press.
Zaharah, Z., Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). "Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia". SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 269–282. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104
Zimmerman, C. (2007). "The development of scientific thinking skills in elementary and middle school". Developmental Review, 27(2), 172–223. https://doi.org/10.1016/j.dr.2006.12.001
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nur Hidayati Puspita S
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.