KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PRAKTIKUM KLASIFIKASI MATERI METODE KITCHEN PREPARATION DI MASA PANDEMI

Penulis

  • Nur Hidayati Puspita S SMP Negeri 2 Limpung

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v6i1.107

Kata Kunci:

kitchen preparation, keterampilan proses sains, klasifikasi materi

Abstrak

Kegiatan praktikum IPA selama ini berhasil membuat rasa keingintahuan siswa meningkat. Namun, di masa pandemi seperti sekarang, kegiatan praktikum di laboratorium tidak dapat dilakukan. Padahal, teori dan praktik pada IPA tidak dapat dipisahkan. Untuk mendukung peningkatan pemahaman siswa di masa pandemi, diperlukan keterampilan proses sains siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upayanya adalah menerapkan praktikum dengan metode kitchen preparation, yaitu praktikum dengan memanfaatkan alat dan bahan yang ada di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa pada praktikum klasifikasi materi dengan metode kitchen preparation di masa pandemi. Merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limpung, tahun pelajaran 2021/2022. Data diperoleh dari hasil laporan praktikum siswa, obserasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti kegiatan praktikum di rumah. Keterampilan proses sains pada kegiatan praktikum tercapai dengan baik. Metode kitchen preparation dapat menjadi solusi kegiatan pembelajaran di era pandemi.  

Referensi

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). "Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform". MedEdPublish, 9, 75. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Aktamis, H., & Ergin, O. (2008). "The Effect of Scientific Process Skills Education on Students’ Scientific Creativity, Science Attitudes and Academic Achievements". AsiaPacific Forum on Science Learning and Teaching, 9(1), 21. http://search.proquest.com/docview/61875613?accountid=14719

Bao, W. (2020). "COVID ‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University" . Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Chabalengula, V. M., Mumba, F., & Mbewe, S. (2012). "How pre-service teachers’ understand and perform science process skills". Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 8(3), 167–176. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.832a

Goldschmidt, K. (2020). "The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children". Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). "Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19". JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hodson, D. (1996). "Practical work in school science: Exploring some directions for change". International Journal of Science Education, 18(7), 755–760. https://doi.org/10.1080/0950069960180702

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). "Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19". JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Mukhyati, & Astuti, H. (2018). "Penerapan Science Writing Heuristic (SWH) pada Kegiatan Laboratorium Struktur Tumbuhan dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar dan KPS Peserta didik".

Remziye Ergul, Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmencelebi, S., & Sanli, M. (2011). "The Effects Of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students’ Science Process Skills And Science Attitudes". Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 5(1), 48–69.

Rustaman, N.Y., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S.A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). "Strategi Belajar Mengajar Biologi". In Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FP MIPA Universitas Pendidikan Indonesia. (Vol. 22, Issue 3). UM Press.

Zaharah, Z., Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). "Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia". SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 269–282. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104

Zimmerman, C. (2007). "The development of scientific thinking skills in elementary and middle school". Developmental Review, 27(2), 172–223. https://doi.org/10.1016/j.dr.2006.12.001

Unduhan

Diterbitkan

06-02-2022 — Diperbaharui pada 15-12-2021