PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v5i1.87Kata Kunci:
Discovery Learning, Media Manipulatif, Aktivitas Belajar SiswaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika dan mengetahui
respon siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bandar terhadap proses pembelajaran
menggunakan model discovery learning berbantu media manipulatif. Diharapkan dengan
model pembelajaran ini, aktivitas belajar fisika meningkat dan siswa memberikan respon positif
terhadap proses pembelajaran
Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Bandar. Subyek penelitian adalah siswa
kelas XI MIPA 2 semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 siswa. Metode
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Banyak tindakan sebanyak 2 siklus. Tiaptiap siklus terdiri atas empat tahapan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan evaluasi hasil tindakan, dan refleksi hasil tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantu
media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa dari kondisi awal siklus I
70,5 % menjadi 81,5 % pada kondisi akhir siklus II, berarti ada peningkatan sebesar 11 % dan
menerima respon positif dari siswa sebesar 93,13 %.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu
media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan memberikan respon positif
terhadap proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
A. Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
E. K. K. M. E. W. T. d. D. W. Gatot Muhsetyo, Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universtas Terbuka, 2011.
O. Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara Ilahi, 2010.
M. Takdir, Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill, Jogjakarta: Diva Press, 2012.
Kariza, "Media Manipulatif. (Online)," 09 Juli 2017. [Online]. Available: http://www. Jejak pendidikan.com/2017/07/mediamani pulatif. [Accessed 05 Desember 2020].
H. K. E. V. Marsinah, "Pengaruh Penerapan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa, vol. 8, no. 18, 2019.
R. N. d. H. M. Moesa, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Persada, 1992.
Sadriman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Suryosubroto, Proses belajar mengajar di sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.
A. Sujana, Pendidikan IPA, Bandung: Rizqi Press, 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Mohammad Arief
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.