PENGEMBANGAN PEMASARAN PARIWISATA “VISIT BATANG HEAVEN OF ASIA” MELALUI VIRTUAL TOUR
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v4i1.63Kata Kunci:
E-Tourism, Virtual Tour, Batang Heaven of Asia, Kabupaten BatangAbstrak
Kabupaten Batang memperkenalkan slogan “Batang Surga Asia”. menyerukan tagline ‘Visit
Batang Year 2022, Heaven of Asia’. Tagline baru ini seolah menegaskan bahwa Kabupaten Batang
pantas menjadi magnet tujuan wisata di Asia. Batang memiliki dua potensi sekaligus, pesisir dan
pegunungan. Pengenalan objek wisata Kabupaten Batang saat ini telah dijalankan menggunakan
media cetak dan media digital dan sudah ada website tentang pariwisata, namun belum berjalan
dengan optimal, sehingga jumlah kunjungan wisatawan ke Kab. Batang belum mengalami
peningkatan yang signifikan, bahkan cenderung mengalami penurunan. Data yang diperoleh dari
Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahrga Kabupaten Batang jumlah kunjungan wisatawan tahun
2016 sebesar 561.282 wisatawan, dan 524.115 wisatawan pada tahun 2017.
Dalam pencapaian peningkatan kunjungan wisatawan ke Kab. Batang diperlukan
pemanfaatan teknologi informasi pada sektor pariwisata yaitu diletakkan dalam bentuk electronic
tourism atau yang lebih dikenal dengan Teknologi Virtual Tour. Penelitian ini merupakan penelitian
dan pengembangan dengan menggunakan metodologi System Development Life Cycle (SDLC) dan
Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan
(prototype) pengembangan pemasaran pariwisata “Visit Batang Heaven of Asia” melalui Sistem
Informasi Pariwisata dan Aplikasi Virtual Tour untuk memperkenalkan destinasi wisata di
Kabupaten Batang agar lebih menarik para wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini
menghasilkan Sistem Informasi Pariwisata (E-Tourism) dan Virtual Tour sehingga memudahkan
pengunjung/wisatawan dalam menjelajahi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Batang
Unduhan
Referensi
Batangkab.go.id. (2017). Visit Batang 2022
Heaven of Asia. Retrieved May 19,
, from
https://batangkab.go.id/?p=1&id=607
Binanto, I. 2010. Multimedia Digital-Dasar
Teori dan Pengembangannya. Andi :
Yogyakarta
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi
Penelitian Kualitatif, Penerbit PT
Remaja Rosdakarya Offset, Bandung
Nata, G. N. M. (2017). Aplikasi Virtual Tour
Guide Sebagai Promosi Pariwisata Bali.
Jurnal Sistem Dan Informatika, 11(1),
–79.
Payangan. (2014). Pemasaran Jasa Pariwisata.
Bogor: Kampus IPB Taman Kencana :
PT. Penerbit IPB Press.
Umafagur. (2016). Implementasi Virtual Tour
Sebagai Media Informasi Daerah (Studi
Kasus : Kota Manado). Jurnal Teknik
Informatika, 9(1).
https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.134
Wulur. (2015). Aplikasi Virtual tour Tempat
Wisata Alam di Sulawesi Utara. Jurnal
Teknik Informatika, 6(1), 1–6.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Danang Satrio, Ari Muhardono
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.