MENGEMBANGKAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI KECAKAPAN HIDUP BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI MODEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ADIWIYATA

Penulis

  • Karso Mulyo SMP N 3 Tersono

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.59

Kata Kunci:

Entrepreneurship, Kecakapan hidup, Penguatan Pendidikan Karakter

Abstrak

Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey dengan langkah-langkah meliputi : 1)
merumuskan masalah penelitian dan menentukan tujuan survei; 2) menentukan konsep dan
hipotesa serta menggali kepustakaan; 3) pengambilan sampel; 4) pembuatan instrumen
penelitian; 5) pekerjaan lapangan; 6) pengolahan data; 7) analisa dan pelaporan. Langkahlangkah strategis tersebutdipersiapkan untuk mengurangi pengangguran dengan
mengembangkan entrepreneurship didasarkan pada nilai-nilai kecakapan hidup atau
kecakapan hidup berbasis potensi lokal serta mengacu kepada penguatan pendidikan karakter
bangsa dalam berbagai kegiatan di sekolah seperti pada pembelajaran di kelas, kegiatan
ekstrakurikuler, maupun dalam kegiatan-kegiatan lainnya diharapkan dapat
menumbuhkembangkan jiwa pantang menyerah, etos kerja yang tinggi, mandiri, kreatif,
inovatif dalam menciptakan karya-karya di segala bidang, sehingga pada akhirnya mampu
menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni bagi negara ini. Adapun berbasis potensi
lokal dimaksudkan agar kelak generasi muda dapat menjadi agen of change bagi
pembangunan di daerahnya sendiri.

Pengembangan unsur-unsur utama yang ada dalam entrepreneurship, yaitu: penerapan
kreativitas dan inovasi, pemanfaatan peluang, membuat perubahan, dan memberikan nilai
tambah bagi diri sendiri dan orang lain dilaksanakan dalam bingkai sekolah adiwiyata dengan
mempertimbangkan hubungan erat antara unsur-unsur yang ada pada kecakapan hidup dan
pendidikan karakter. Nilai-nilai kecakapan dasar dan instrumental dalam kecakapan hidup dan
nilai-nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas dalam pendidikan
karakter

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ancok, Djamaludin. 2012. Psikologi

Kepemimpinan & Inovasi. Jakarta:

Penerbit. Erlangga.

Anonim. 2003. Undang-undang RI Nomor

Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar

Grafika.

Bailey Kenneth D.1999. Metods of Social

Research. New York: The Free Pers

Bashori, K. 2010. Menata Ulang

Pendidikan Karakter

Bangsa. http://www.mediaindonesia.co

m/read/2010/03/15/129378/68/11/Mena

ta-Ulang-Pendidikan-Karakter-Bangsa.

Diakses 6 November 2017.

Budiman, Arie.2017. Gerakan Penguatan

Pendidikan Karakter. Jakarta:

Kemendikbud

Depdiknas. (2002). Manajemen Mutu

Berbasis Sekolah. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional. Direktorat

Pendidikan Menengah Umum

Depdiknas. 2002. Pedoman Pelaksanaan

Pendidikan Kecakapan Hidup. Buku I,

II, dan III. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas.2003. Pengembangan Model

Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta:

Puskur, Balitbang Depdiknas

Depdiknas. 2003. Kurikulum Sekolah

Menengah Kejuruan. Jakarta : Bumi

Aksara.

Friday O. Okpara, “The Value of

Creativity and Innovation in

Entrepreneurship”, Journal of Asia

Entrepreneurship and Sustainability,

Rossi Smith Academic Publishing,

Oxford, 2007, hal.1

Idiran, Zulkarnain. 2008. Pola Pelaksanaan

Pendidikan Berorientasi Kecakapan

Hidup

http://zulkarnainidiran.wordpress.com/2

/11/28/pola-pelaksanaanpendidikan-berorientasi-kecakapanhidup-life-skill-education. diakses 28

November 2008

Kasmir.2013. Kewirausahaan. Jakarta:

Raja Grafindo Persada

Marlo, Abu. 2013. Entrepreneurship

Hukum Langit: Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama

Miles, MB & Huberman AM. 1984.

Analisis Data Kualitatif. Terjemahan

oleh Tjetcep Rohendi Rohidi.1992.

Jakarta:Universitas Indonesia

Moleong, J Lexy.2007. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.

Rosda Karya

Muhadjir, Noeng. 1996. Metode Penelitian

Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Nasution.1988.metode Penelitian Kualitatif

Naturalistik. Jakarta: Sinar Grafika.

Nuryanti dan Mahri.2010. Model

Pendidikan Pengembangan Kecakapan

Hidup Berlandaskan Jiwa

Kewirausahaan. Proceedings Of The 4th

International Conference On Teacher

Education; Join Conference UPI &

UPSI Bandung, Indonesia, 8-10

November 2010

Rutherford, Donald.2002. Dictionary of

Economics. London,: Routledge.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Kewirausahaan

Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha

Medika

Saryono, Djoko. 2002. Pendidikan

Kecakapan Hidup: Konsepsi dan

Implementasinya di Sekolah. Makalah

dalam Workshop Pengembangan Sistem

Pendidikan Dasar dan Menengah

Berorientasi Kecakapan Hidup di Jawa

Timur, 11 November 2002, Universitas

Negeri Malang.

Suryana. 2013. Kewirausahaan Kiat dan

Proses Menuju Sukses. Jakarta:

Salemba Empat.

Tim Broad-Based Education. 2002.

Pendidikan Berorientasi Kecakapan

Hidup (LifeSkill) Melalui Pendekatan

Broad-Based Education (BBE).

Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-undang Republik Indonesia N0.

Tahun 2003. Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Departemen

Pendidikan Nasional Republik

Indonesia. 2003.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-06-2019

Cara Mengutip

Mulyo, K. (2019). MENGEMBANGKAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI KECAKAPAN HIDUP BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI MODEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ADIWIYATA. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 3(2), 81–95. https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.59