MENGEMBANGKAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI KECAKAPAN HIDUP BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI MODEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ADIWIYATA
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.59Kata Kunci:
Entrepreneurship, Kecakapan hidup, Penguatan Pendidikan KarakterAbstrak
Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey dengan langkah-langkah meliputi : 1)
merumuskan masalah penelitian dan menentukan tujuan survei; 2) menentukan konsep dan
hipotesa serta menggali kepustakaan; 3) pengambilan sampel; 4) pembuatan instrumen
penelitian; 5) pekerjaan lapangan; 6) pengolahan data; 7) analisa dan pelaporan. Langkahlangkah strategis tersebutdipersiapkan untuk mengurangi pengangguran dengan
mengembangkan entrepreneurship didasarkan pada nilai-nilai kecakapan hidup atau
kecakapan hidup berbasis potensi lokal serta mengacu kepada penguatan pendidikan karakter
bangsa dalam berbagai kegiatan di sekolah seperti pada pembelajaran di kelas, kegiatan
ekstrakurikuler, maupun dalam kegiatan-kegiatan lainnya diharapkan dapat
menumbuhkembangkan jiwa pantang menyerah, etos kerja yang tinggi, mandiri, kreatif,
inovatif dalam menciptakan karya-karya di segala bidang, sehingga pada akhirnya mampu
menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni bagi negara ini. Adapun berbasis potensi
lokal dimaksudkan agar kelak generasi muda dapat menjadi agen of change bagi
pembangunan di daerahnya sendiri.
Pengembangan unsur-unsur utama yang ada dalam entrepreneurship, yaitu: penerapan
kreativitas dan inovasi, pemanfaatan peluang, membuat perubahan, dan memberikan nilai
tambah bagi diri sendiri dan orang lain dilaksanakan dalam bingkai sekolah adiwiyata dengan
mempertimbangkan hubungan erat antara unsur-unsur yang ada pada kecakapan hidup dan
pendidikan karakter. Nilai-nilai kecakapan dasar dan instrumental dalam kecakapan hidup dan
nilai-nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas dalam pendidikan
karakter
Unduhan
Referensi
Ancok, Djamaludin. 2012. Psikologi
Kepemimpinan & Inovasi. Jakarta:
Penerbit. Erlangga.
Anonim. 2003. Undang-undang RI Nomor
Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar
Grafika.
Bailey Kenneth D.1999. Metods of Social
Research. New York: The Free Pers
Bashori, K. 2010. Menata Ulang
Pendidikan Karakter
Bangsa. http://www.mediaindonesia.co
m/read/2010/03/15/129378/68/11/Mena
ta-Ulang-Pendidikan-Karakter-Bangsa.
Diakses 6 November 2017.
Budiman, Arie.2017. Gerakan Penguatan
Pendidikan Karakter. Jakarta:
Kemendikbud
Depdiknas. (2002). Manajemen Mutu
Berbasis Sekolah. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional. Direktorat
Pendidikan Menengah Umum
Depdiknas. 2002. Pedoman Pelaksanaan
Pendidikan Kecakapan Hidup. Buku I,
II, dan III. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas.2003. Pengembangan Model
Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta:
Puskur, Balitbang Depdiknas
Depdiknas. 2003. Kurikulum Sekolah
Menengah Kejuruan. Jakarta : Bumi
Aksara.
Friday O. Okpara, “The Value of
Creativity and Innovation in
Entrepreneurship”, Journal of Asia
Entrepreneurship and Sustainability,
Rossi Smith Academic Publishing,
Oxford, 2007, hal.1
Idiran, Zulkarnain. 2008. Pola Pelaksanaan
Pendidikan Berorientasi Kecakapan
Hidup
http://zulkarnainidiran.wordpress.com/2
/11/28/pola-pelaksanaanpendidikan-berorientasi-kecakapanhidup-life-skill-education. diakses 28
November 2008
Kasmir.2013. Kewirausahaan. Jakarta:
Raja Grafindo Persada
Marlo, Abu. 2013. Entrepreneurship
Hukum Langit: Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama
Miles, MB & Huberman AM. 1984.
Analisis Data Kualitatif. Terjemahan
oleh Tjetcep Rohendi Rohidi.1992.
Jakarta:Universitas Indonesia
Moleong, J Lexy.2007. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.
Rosda Karya
Muhadjir, Noeng. 1996. Metode Penelitian
Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Nasution.1988.metode Penelitian Kualitatif
Naturalistik. Jakarta: Sinar Grafika.
Nuryanti dan Mahri.2010. Model
Pendidikan Pengembangan Kecakapan
Hidup Berlandaskan Jiwa
Kewirausahaan. Proceedings Of The 4th
International Conference On Teacher
Education; Join Conference UPI &
UPSI Bandung, Indonesia, 8-10
November 2010
Rutherford, Donald.2002. Dictionary of
Economics. London,: Routledge.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2013. Kewirausahaan
Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha
Medika
Saryono, Djoko. 2002. Pendidikan
Kecakapan Hidup: Konsepsi dan
Implementasinya di Sekolah. Makalah
dalam Workshop Pengembangan Sistem
Pendidikan Dasar dan Menengah
Berorientasi Kecakapan Hidup di Jawa
Timur, 11 November 2002, Universitas
Negeri Malang.
Suryana. 2013. Kewirausahaan Kiat dan
Proses Menuju Sukses. Jakarta:
Salemba Empat.
Tim Broad-Based Education. 2002.
Pendidikan Berorientasi Kecakapan
Hidup (LifeSkill) Melalui Pendekatan
Broad-Based Education (BBE).
Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-undang Republik Indonesia N0.
Tahun 2003. Tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Departemen
Pendidikan Nasional Republik
Indonesia. 2003.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Karso Mulyo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.