MEDIA PROMOSI PARIWISATA BATANG BERBASIS MULTIMEDIA MOBILE

Penulis

  • Victorianus Aries Siswanto STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Rizqi Wijonarko STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.55

Kata Kunci:

Media Promosi, Pariwisata Batang, Multimedia Mobile

Abstrak

Media promosi pariwisata Batang saat ini dilakukan dengan menggunakan
Website. Namun isi web pariwisata tersebut hanya berbentuk 1 foto dan deskripsi
singkat, sehingga belum dapat menggambarkan wilayah promosi tersebut. Media
promosi tersebut tentunya kurang menarik, untuk itu diperlukan media promosi
pariswisata Batang yang berbasis multimedia mobile.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara,
observasi serta studi literature. Sedangkan pengembangan sistemnya menggunakan
metode Pengembangan Multimedia yang meliputi konsep, desain, pengumpulan
materi, pembuatan, pengujian dan distribusi.
Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya media promosi pariwisata Batang
berbasis mobile multimedia. Dari hasil pengujian UAT yang dilakukan didapatkan
hasil 73% responden menyatakan bahwa media promosi pariwisata Batang ini
sesuai dengan kebutuhan mereka dalam mencari informasi pariwisata Batang.
Media Promosi Pariwisata Batang ini masih meliputi 4 lokasi, namun telah
disediakan tempat untuk penambahan lokasi pariwisata yang lain. Untuk itu media
promosi ini masih dapat dikembangkan dan disempurnakan pada penelitian
selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Association, Mobile Marketing. 2008.

Mobile Application. Mobile

Marketing Association.

Batang, BPS Kabupaten. 2017.

Kabupaten Batang DalamAngka 2017. Batang: Badan

Pusat Statistik Kabupaten

Batang.

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia

Digital Dasar Teori dan

Pengembangannya.

Yogyakarta: Andi Offset.

Ismayanti. 2011. Pengantar

Pariwisata. Jakarta: Grasindo.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003.

Multimedia Interaktif dengan

Flash. Semarang: Graha Ilmu.

Suyanto. 2005. Multimedia Alat untuk

Meningkatkan Keunggulan

Bersaing. Yogyakarta: Andi

Offset.

Suyanto, M. 2005. Multimedia.

Yogyakarta: Andi.

Siswanto, Victorianus Aries, 2012,

Strategi dan Langkah-Langkah

Penelitian, Yogyakarta, Graha

Ilmu

Undang-undang no 22 tahun 1999

tentang Pemerintah Daerah

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-06-2019

Cara Mengutip

Aries Siswanto, V., & Wijonarko, R. . (2019). MEDIA PROMOSI PARIWISATA BATANG BERBASIS MULTIMEDIA MOBILE. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 3(2), 42–47. https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.55