REAKTUALISASI CITRA WISATA KABUPATEN BATANG MELALUI PENGEMBANGAN POP-UP VISIT BATANG HEAVEN OF ASIA SEBAGAI MEDIA EDUMOWISATA (EDUKASI PROMOSI WISATA) KABUPATEN BATANG

Penulis

  • Muhammad Nizar Zulmi Universitas Pekalongan
  • Ilham Nugroho Universitas Pekalongan
  • Dewi Salsabila Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.53

Kata Kunci:

Kabupaten Batang, Pariwisata, Pop-up

Abstrak

Kabupaten Batang merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah.
Daerah yang memiliki slogan Visit Batang Heaven of Asia 2022. Beberapa pariwisata yang
terdapat di Kabupaten Batang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas meskipun potensi
yang dimiliki cukup besar. Penelitian ini bertujan untuk membantu pemerintah dalam
mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan pariwisata Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) atau
penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa
buku Pop-up Visit Batang Heaven of Asia yang mengembangkan atau mengenalkan potensi
pariwisata di Kabupaten Batang. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara
Hasil dalam penelitian ini adalah sebuah produk pengembangan buku pop-up sebagai
media edukasi dan promosi wisata yang mampu memperlihatkan keunggulan potensi wisatawisata yang terdapat di Kabupaten Batang.
Peneliti memberikan saran kepada Pemerintah Kabupaten Batang khusunya Dinas
Pariwisata Kabupaten Batang supaya ikut berperan aktif dalam mempromosikan dan
mengembangkan pariwisata-pariwisata di Kabupaten Batang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aman, Faisal Huda. 2016. ‘Penggunaan

Media Pop-up untuk Meningkatkan

Kosakata Anak Tunarungu Kelas P1

di SLB Dena Upakara Wonosobo’.

Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(11):

-1205.

Arsyad, Azhar. 2017. ‘Media

Pembelajaran’. Jakarta: Rajawali

Pers.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan

Olahraga Kabupaten Batang.

(https://pariwisata.batangkab.go.id).

Di akses 10 Oktober 2018

Febrianto, Muhammad Fatchul Mubarok.

‘Penerapan Media dalam

Bentuk Pop Up Book pada

Pembelajaran Unsur-unsur Rupa

untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng

Sepuh Sidayu Gresik’. Jurnal

Pendidikan Seni Rupa, 3(2): 146-

Hanifah, Tisna Umi. 2014. ‘Pemanfaatan

Media Pop-up Book Berbasis

Tematik untuk Meningkatkan

Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak

Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di

TK Negeri Pembina Bulu

Temanggung)’. Early Childhood

Education Papers (BELIA), 3(2): 46-

Pramitasari, dkk. 2015. ‘Pengembangan

Buku Pop-up Batik Pekalongan

Sebagai Media Edumotik (Edukasi

dan Promosi Batik) Kota

Pekalongan’. Jurnal Litbang Kota

Pekalongan Volume 8.

Sugiyono. 2017. ‘Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D’

Bandung: Alfabeta

Supriyanto, Bambang, Muhammad

Haryanto, dan Danang Satrio. 2017.

‘Reaktualisasi Citra Wisata

Kabupaten Batang Melalui Film

Teaser Promosi Batang Berbasis Tri

Hita Kirana (Sebuah Penelitian

R&D’. Jurnal Ristek Batang, 2541-

(P)

Undang-Undang No.10 th 2009 Tentang

Kepariwisataan.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-06-2019

Cara Mengutip

Nizar Zulmi, M. ., Nugroho, I., & Salsabila, D. (2019). REAKTUALISASI CITRA WISATA KABUPATEN BATANG MELALUI PENGEMBANGAN POP-UP VISIT BATANG HEAVEN OF ASIA SEBAGAI MEDIA EDUMOWISATA (EDUKASI PROMOSI WISATA) KABUPATEN BATANG. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 3(2), 16–26. https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.53