REAKTUALISASI CITRA WISATA KABUPATEN BATANG MELALUI PENGEMBANGAN POP-UP VISIT BATANG HEAVEN OF ASIA SEBAGAI MEDIA EDUMOWISATA (EDUKASI PROMOSI WISATA) KABUPATEN BATANG
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.53Kata Kunci:
Kabupaten Batang, Pariwisata, Pop-upAbstrak
Kabupaten Batang merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah.
Daerah yang memiliki slogan Visit Batang Heaven of Asia 2022. Beberapa pariwisata yang
terdapat di Kabupaten Batang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas meskipun potensi
yang dimiliki cukup besar. Penelitian ini bertujan untuk membantu pemerintah dalam
mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan pariwisata Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) atau
penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa
buku Pop-up Visit Batang Heaven of Asia yang mengembangkan atau mengenalkan potensi
pariwisata di Kabupaten Batang. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara
Hasil dalam penelitian ini adalah sebuah produk pengembangan buku pop-up sebagai
media edukasi dan promosi wisata yang mampu memperlihatkan keunggulan potensi wisatawisata yang terdapat di Kabupaten Batang.
Peneliti memberikan saran kepada Pemerintah Kabupaten Batang khusunya Dinas
Pariwisata Kabupaten Batang supaya ikut berperan aktif dalam mempromosikan dan
mengembangkan pariwisata-pariwisata di Kabupaten Batang.
Unduhan
Referensi
Aman, Faisal Huda. 2016. ‘Penggunaan
Media Pop-up untuk Meningkatkan
Kosakata Anak Tunarungu Kelas P1
di SLB Dena Upakara Wonosobo’.
Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(11):
-1205.
Arsyad, Azhar. 2017. ‘Media
Pembelajaran’. Jakarta: Rajawali
Pers.
Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan
Olahraga Kabupaten Batang.
(https://pariwisata.batangkab.go.id).
Di akses 10 Oktober 2018
Febrianto, Muhammad Fatchul Mubarok.
‘Penerapan Media dalam
Bentuk Pop Up Book pada
Pembelajaran Unsur-unsur Rupa
untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng
Sepuh Sidayu Gresik’. Jurnal
Pendidikan Seni Rupa, 3(2): 146-
Hanifah, Tisna Umi. 2014. ‘Pemanfaatan
Media Pop-up Book Berbasis
Tematik untuk Meningkatkan
Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak
Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di
TK Negeri Pembina Bulu
Temanggung)’. Early Childhood
Education Papers (BELIA), 3(2): 46-
Pramitasari, dkk. 2015. ‘Pengembangan
Buku Pop-up Batik Pekalongan
Sebagai Media Edumotik (Edukasi
dan Promosi Batik) Kota
Pekalongan’. Jurnal Litbang Kota
Pekalongan Volume 8.
Sugiyono. 2017. ‘Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D’
Bandung: Alfabeta
Supriyanto, Bambang, Muhammad
Haryanto, dan Danang Satrio. 2017.
‘Reaktualisasi Citra Wisata
Kabupaten Batang Melalui Film
Teaser Promosi Batang Berbasis Tri
Hita Kirana (Sebuah Penelitian
R&D’. Jurnal Ristek Batang, 2541-
(P)
Undang-Undang No.10 th 2009 Tentang
Kepariwisataan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Muhammad Nizar Zulmi, Ilham Nugroho, Dewi Salsabila
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.