PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PADA KOMPETENSI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA N 2 BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Penulis

  • Nurrochim SMA Negeri 2 Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v2i2.39

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar, Kerajaan-kerajaan Islam Indonesia, Problem Based Learning

Abstrak

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar
Sejarah Indonesia Kompetensi Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia yang pembelajarannya
menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian menggunakan metode penelitian
tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas belajar peserta
didik pada Siklus I persentasenya83,75% pada Siklus II persentasenya 91,66%, (2) hasil
belajar peserta didik pada Siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 78,94%, Siklus II
mengalami ketuntasan klasikal sebesar 84,97%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model

Pembelajaran dan Pengajaran.

Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Hamalik, Oemar.2010.Kurikulum dan

Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Machfudi, 2014.Meningkatkan Aktivitas

dan Hasil Belajar Sosiologi Materi

Permasalahan Sosial dengan

Menerapkan Model Problem Based

Learning pada peserta didik kelas

XI-IIS.2 SMA Negeri 1 MijenKabupaten Demak Semester 1 Tahun

Pelajaran 2014/2015. Semarang:

Jurnal Didaktika.

Partadjaja, Tjok Rai Sulastri Made. 2007.

“Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Jigsaw untuk

Meningkatkan Aktivitas dan

Penalaran Mahapeserta didik pada

Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar”.

JPPP. Lembaga Penelitian

Undiksha.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

nomor 22 tahun 2006 tentang standar

isi untuk satuan pendidikan dasar dan

menengah.

Putra, Stitava Rizema. 2013. Desain

Belajar Mengajar Kreatif Berbasis

Sains. Jogyakarta: Diva Press.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi

Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Sudarwati, Sri. 2014. Model Problem

Based Learning dengan Variasi

Diskusi Bertamu untuk

meningkatkan Kompetensi

Trigonometri Peserta Didik Kelas X

TKJ 2 SMK 1 Kedungwuni Semester

Genap Tahun Pelajaran

/2015.Semarang: Jurnal

Didaktika.

Sudjana, Nana. 1989. CBSA dalam Proses

Belajar Mengajar. Bandung. Sinar

Baru.

Sukardi, 2013. Metode Penelitian

Pendidikan Tindakan Kelas

Implementasi dan

Pengembangannya. Jakarta: Bumi

Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-02-2018

Cara Mengutip

Nurrochim. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PADA KOMPETENSI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA N 2 BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 2(2), 83–98. https://doi.org/10.55686/ristek.v2i2.39