PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PADA KOMPETENSI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA N 2 BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v2i2.39Kata Kunci:
Aktivitas Belajar, Kerajaan-kerajaan Islam Indonesia, Problem Based LearningAbstrak
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar
Sejarah Indonesia Kompetensi Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia yang pembelajarannya
menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian menggunakan metode penelitian
tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas belajar peserta
didik pada Siklus I persentasenya83,75% pada Siklus II persentasenya 91,66%, (2) hasil
belajar peserta didik pada Siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 78,94%, Siklus II
mengalami ketuntasan klasikal sebesar 84,97%.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model
Pembelajaran dan Pengajaran.
Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Hamalik, Oemar.2010.Kurikulum dan
Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Machfudi, 2014.Meningkatkan Aktivitas
dan Hasil Belajar Sosiologi Materi
Permasalahan Sosial dengan
Menerapkan Model Problem Based
Learning pada peserta didik kelas
XI-IIS.2 SMA Negeri 1 MijenKabupaten Demak Semester 1 Tahun
Pelajaran 2014/2015. Semarang:
Jurnal Didaktika.
Partadjaja, Tjok Rai Sulastri Made. 2007.
“Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Jigsaw untuk
Meningkatkan Aktivitas dan
Penalaran Mahapeserta didik pada
Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar”.
JPPP. Lembaga Penelitian
Undiksha.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
nomor 22 tahun 2006 tentang standar
isi untuk satuan pendidikan dasar dan
menengah.
Putra, Stitava Rizema. 2013. Desain
Belajar Mengajar Kreatif Berbasis
Sains. Jogyakarta: Diva Press.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Sudarwati, Sri. 2014. Model Problem
Based Learning dengan Variasi
Diskusi Bertamu untuk
meningkatkan Kompetensi
Trigonometri Peserta Didik Kelas X
TKJ 2 SMK 1 Kedungwuni Semester
Genap Tahun Pelajaran
/2015.Semarang: Jurnal
Didaktika.
Sudjana, Nana. 1989. CBSA dalam Proses
Belajar Mengajar. Bandung. Sinar
Baru.
Sukardi, 2013. Metode Penelitian
Pendidikan Tindakan Kelas
Implementasi dan
Pengembangannya. Jakarta: Bumi
Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Nurrochim
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.