PENGEMBANGAN MODEL PROMOSI WISATA KABUPATEN BATANG DENGAN MOBILE AUGMANTED REALITY

Penulis

  • Much Rifqi Maulana STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Ichwan Kurniawan STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v2i2.33

Kata Kunci:

Wisata, Aplikasi Mobile, Augmented Reality, Kabupaten Batang

Abstrak

Penyajian informasi objek wisata di Kabupaten Batang saat ini dilakukan dengan media
brosur, spanduk, reklame dan website. Selain website, media promosi tersebut hanya bisa
dilihat ketika wisatawan sudah berada di lokasi wisata. Belum adanya media informasi
tersebut tentunya menjadi permasalahan bagi wisatawan untuk mendapatkan informasi yang
akurat, tepat waktu dan relevan tentang objek wisata yang akan dikunjungi. Penelitian ini
bertujuan untuk membuat model promosi wisata di Kabupaten Batang dengan memanfaatkan
Mobile Augmented Reality.
Metode penelitian yang digunakan meliputi, metode pengumpulan data yang dilakukan
dengan observasi dan pengamatan, metode pengembangan sistem dan metode pengujian.
Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall dengan tahapan:
communication, planning, modeling, construction dan deployment. Sedangkan metode
pengujian yang dilakukan adalah dengan graphical user interface (GUI) testing.
Hasil dari penelitian ini adalah terbetuknya sebuah aplikasi promosi wisata Kabupaten
Batang dengan memanfaatkan teknologi Mobile Augmented Reality. Dari hasil pengujian
yang dilakukan di alun-alun Kabupaten Batang, didapatkan hasil 9 (Sembilan) objek wsiata
terdeteksi dan 6 (enam) objek wsiata tidak terdeteksi. Beberapa objek wisata tidak terdeteksi
karena jarak dari lokasi pengujian terlalu jauh (lebih dari 20 km).
Perlu dilakukan penambahan lokasi wisata yang lebih banyak dan pengujian terhadap
aplikasi promosi wisata Kabupaten Batang dengan memanfaatkan teknologi Mobile
Augmented Reality dengan menggunakan beberapa perangkan mobile android yang memiliki
spesifikasi dan koneksi jaringan internet yang berbeda.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Batang, BPS Kabupaten. 2017. Kabupaten

Batang Dalam Angka 2017. Batang:

Badan Pusat Statistik Kabupaten

Batang.

Imaniar, Juwita, Arifin, and Ahmad

Subhan Khalillullah. 2012. "Aplikasi

Location Based Service untuk Sistem

Informasi Publikasi Acara pada

Platform Android." Jurnal ITS.

Oliver, Bimber, and Raskar Ramesh. 2005.

Spatial Augmented Reality.

Mitsubishi Electric Research

Laboratory.

Risty, Ammatia. 2012. "Augmented

Reality." Institut Tekonologi Telkom

(Institut Tekonologi Telkom).

Satoto, Budi Dwi, and Eza Rahmanita.

"Integrasi Augmented Reality

pada Mobile Virtual Tour berbasis

Android untuk pencarian lokasi dan

rute terdekat." Mikrotek 1: 59-66.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-02-2018

Cara Mengutip

Maulana, M. R., & Kurniawan, I. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PROMOSI WISATA KABUPATEN BATANG DENGAN MOBILE AUGMANTED REALITY. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 2(2), 21–28. https://doi.org/10.55686/ristek.v2i2.33