REAKTUALISASI CITRA WISATA KABUPATEN BATANG MELALUI FILM TEASER PROMOSI BERBASIS TRI HITA KIRANA (SEBUAH PENELITIAN R&D)
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v2i2.31Kata Kunci:
Pariwisata, Tri Hita Kirana, PromosiAbstrak
Dalam mengembangkan promosi wisata, patut diperhatikan bahwa dimensi modern
didominasi dimensi audio visual. Pada era ini, wisata dimanapun tempatnya selalu
dipopulerkan anak muda. Sementara anak muda suka sesuatu yang ekspresif, berkesan, dan
viral. Selain mampu mengakomodasi dimensi tersebut, perlu ada sentuhan Tri Hita Kirana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Adapun ruang
lingkupnya adalah pengembangan teaser promosi wisata berbasis Tri Hita Kirana dalam
rangka meningkatkan citra wisata di Kabupaten Batang. Bentuk instrumen dalam penelitian
ini menggunakan instrumen nontes. Instrumen nontes yang digunakan dalam penelitian ini
berupa wawancara. Wawancara untuk mencari asumsi, persepsi, dan fakta lapangan, seleras
masyarakat terhadap film, fenomena budaya, dan informasi lain terkait promosi wisata Batang
berbasis THK. Hasil akhir penelitian ini adalah diciptakannya sebuah film teaser promosi
yang mampu menceritakan keunggulan dan potensi destinasi wisata di Kabupaten Batang
Unduhan
Referensi
Hudson, Simon and Brent J.R., Ritchie.
A Promoting Destination via
Film Tourism: An Empirical
Identification of Supporting
Marketing Initiatives. Journal of
Travel Research,Vol 44 pp 387-396.
Koentjaraningrat. 1993. Metode-metode
Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Pitana, I Gde. dan Surya Diarta, I Ketut.
Pengantar Ilmu
Pariwisata.Yogyakarta : Penerbit
Andi.
Sudarta, W. 2008. Penerapan Tri Hita
Karana di Subak Kawasan
Perkotaan (Kasus Subak Anggabaya,
Kota Denpasar), Jurnal SOCA, Vol.
, No.2, Juli 2012, Fakultas
Pertanian, Unud, Denpasar.
Undang-Undang Nomor10 Tahun 2009
Tentang Kepariwisataan.
Wardhani, Mawar Kharisma, dkk. 2009.
Film sebagai Media Alternatif
Pengembangan Pariwisata
Indonesia. Karya Tulis. IPB
Windia, W. dan R.K. Dewi. 2011.
Analisis bisnis yang berlandaskan
Tri Hita Karana, Udayana University
Press, Denpasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Bambang Supriyanto, M Haryanto, Danang Satrio
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.