REAKTUALISASI CITRA WISATA KABUPATEN BATANG MELALUI FILM TEASER PROMOSI BERBASIS TRI HITA KIRANA (SEBUAH PENELITIAN R&D)

Penulis

  • Bambang Supriyanto Dewan Riset Daerah Kabupaten Batang
  • M Haryanto Dewan Riset Daerah Kabupaten Batang
  • Danang Satrio Dewan Riset Daerah Kabupaten Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v2i2.31

Kata Kunci:

Pariwisata, Tri Hita Kirana, Promosi

Abstrak

Dalam mengembangkan promosi wisata, patut diperhatikan bahwa dimensi modern
didominasi dimensi audio visual. Pada era ini, wisata dimanapun tempatnya selalu
dipopulerkan anak muda. Sementara anak muda suka sesuatu yang ekspresif, berkesan, dan
viral. Selain mampu mengakomodasi dimensi tersebut, perlu ada sentuhan Tri Hita Kirana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Adapun ruang
lingkupnya adalah pengembangan teaser promosi wisata berbasis Tri Hita Kirana dalam
rangka meningkatkan citra wisata di Kabupaten Batang. Bentuk instrumen dalam penelitian
ini menggunakan instrumen nontes. Instrumen nontes yang digunakan dalam penelitian ini
berupa wawancara. Wawancara untuk mencari asumsi, persepsi, dan fakta lapangan, seleras
masyarakat terhadap film, fenomena budaya, dan informasi lain terkait promosi wisata Batang
berbasis THK. Hasil akhir penelitian ini adalah diciptakannya sebuah film teaser promosi
yang mampu menceritakan keunggulan dan potensi destinasi wisata di Kabupaten Batang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hudson, Simon and Brent J.R., Ritchie.

A Promoting Destination via

Film Tourism: An Empirical

Identification of Supporting

Marketing Initiatives. Journal of

Travel Research,Vol 44 pp 387-396.

Koentjaraningrat. 1993. Metode-metode

Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Pitana, I Gde. dan Surya Diarta, I Ketut.

Pengantar Ilmu

Pariwisata.Yogyakarta : Penerbit

Andi.

Sudarta, W. 2008. Penerapan Tri Hita

Karana di Subak Kawasan

Perkotaan (Kasus Subak Anggabaya,

Kota Denpasar), Jurnal SOCA, Vol.

, No.2, Juli 2012, Fakultas

Pertanian, Unud, Denpasar.

Undang-Undang Nomor10 Tahun 2009

Tentang Kepariwisataan.

Wardhani, Mawar Kharisma, dkk. 2009.

Film sebagai Media Alternatif

Pengembangan Pariwisata

Indonesia. Karya Tulis. IPB

Windia, W. dan R.K. Dewi. 2011.

Analisis bisnis yang berlandaskan

Tri Hita Karana, Udayana University

Press, Denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-02-2018

Cara Mengutip

Supriyanto, B., M Haryanto, & Satrio, D. (2018). REAKTUALISASI CITRA WISATA KABUPATEN BATANG MELALUI FILM TEASER PROMOSI BERBASIS TRI HITA KIRANA (SEBUAH PENELITIAN R&D). RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.55686/ristek.v2i2.31