PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING MELALUI TEKNIK GALLERY WALK DI KELAS XI TEI SMK NEGERI 1 KANDEMAN BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Penulis

  • Yohanes Anggoro Triharyanto SMK N 1 Kandeman Kabupaten Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v1i2.20

Kata Kunci:

Statistika, Cooperatif Learning, Gallery Walk

Abstrak

Rumusan masalah penelitian adalah peningkatan aktifitas dan hasil belajar Matematika
materi statistika siswa kelas XI TEI SMKN 1 Kandeman melalui pembelajaran kooperatif
teknik Gallery Walk. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian 34 peserta didik
kelas XI TEI SMK Negeri 1 Kandeman. Perubahan keaktifan dan hasil belajar siswa
ditunjukkan dari nilai ulangan. Pada pra siklus nilai rata-ratanya 21,5 ketuntasan belajar 0%,
siklus I nilai rata-rata 71,6 ketuntasan belajar 64,7%, siklus II nilai rata-rata 79,4 ketuntasan
belajar 79,4%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. 1990. The

Action Research Planner.

Melbourne. Deakin University.

Pujiadi, 2008, Pengaruh Model

Pembelajaran Matematika Creative

Problem Solving (CPS) Berbantuan

CD Interaktif terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah pada Siswa

SMA Kelas X. Tesis.Semarang :

Program StudiPendidikan

Matematika. Program Pascasarjana

Universitas NegeriSemarang.

Rohani, Ahmad. 1995. Pengelolaan

Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Silberman, Melvin L., 2006, Active

Learning 101 Cara Belajar Siswa

Aktif, Bandung: Nusa Media

Sirodjuddin, Ardan. (2008). SMK Lebih

MKenjanjikan Masa Depan

Dibandingkan Dengan SMA.

[Online]. Available

FTP:http://ardansirodjuddin.wordpre

ss.com/2008/06/03/smk-lebihmenjanjikanmasa-depan-di-bandingsma/. Tanggal Akses 15 Agustus

Sukestiyarno, Muslikhah, Indriastuti Titi,

, Meningkatkan Hasil belajar

matematika dengan Metode

Pembelajaran Heroik dan

Turnamen Matematika Materi

Statistika kelas XI SMAN 14

Semarang, Semarang : FMIPA

Unnes

Sumiati Siti, 2009.,Skripsi - Penerapan

MetodeGallery Walkdalam

Memotivasi Belajar Siswapada Mata

Pelajaran Akidah Akhlak di

Madrasah Aliyah Sunan Cendana

Kwanyar Bangkalan, Surabaya: Fak

Tarbiyah IAIN Sunan Ampel

Wardono, 2005, Penerapan Pembelajaran

Kooperatif Jigsaw II dan Team

Games Tournament untuk

mengingkatkan Hasil Belajar

Matematika ,Laporan Penelitian

Sementara PTK.

Winkel,W.S. (1991). Bimbingan dan

Konseling Di Sekolah Menengah

(cetakan VII).Jakarta : Grasindo

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 04-05-2017

Cara Mengutip

Anggoro Triharyanto, Y. (2017). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING MELALUI TEKNIK GALLERY WALK DI KELAS XI TEI SMK NEGERI 1 KANDEMAN BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.55686/ristek.v1i2.20