PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING MELALUI TEKNIK GALLERY WALK DI KELAS XI TEI SMK NEGERI 1 KANDEMAN BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v1i2.20Kata Kunci:
Statistika, Cooperatif Learning, Gallery WalkAbstrak
Rumusan masalah penelitian adalah peningkatan aktifitas dan hasil belajar Matematika
materi statistika siswa kelas XI TEI SMKN 1 Kandeman melalui pembelajaran kooperatif
teknik Gallery Walk. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian 34 peserta didik
kelas XI TEI SMK Negeri 1 Kandeman. Perubahan keaktifan dan hasil belajar siswa
ditunjukkan dari nilai ulangan. Pada pra siklus nilai rata-ratanya 21,5 ketuntasan belajar 0%,
siklus I nilai rata-rata 71,6 ketuntasan belajar 64,7%, siklus II nilai rata-rata 79,4 ketuntasan
belajar 79,4%.
Unduhan
Referensi
Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. 1990. The
Action Research Planner.
Melbourne. Deakin University.
Pujiadi, 2008, Pengaruh Model
Pembelajaran Matematika Creative
Problem Solving (CPS) Berbantuan
CD Interaktif terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah pada Siswa
SMA Kelas X. Tesis.Semarang :
Program StudiPendidikan
Matematika. Program Pascasarjana
Universitas NegeriSemarang.
Rohani, Ahmad. 1995. Pengelolaan
Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Silberman, Melvin L., 2006, Active
Learning 101 Cara Belajar Siswa
Aktif, Bandung: Nusa Media
Sirodjuddin, Ardan. (2008). SMK Lebih
MKenjanjikan Masa Depan
Dibandingkan Dengan SMA.
[Online]. Available
FTP:http://ardansirodjuddin.wordpre
ss.com/2008/06/03/smk-lebihmenjanjikanmasa-depan-di-bandingsma/. Tanggal Akses 15 Agustus
Sukestiyarno, Muslikhah, Indriastuti Titi,
, Meningkatkan Hasil belajar
matematika dengan Metode
Pembelajaran Heroik dan
Turnamen Matematika Materi
Statistika kelas XI SMAN 14
Semarang, Semarang : FMIPA
Unnes
Sumiati Siti, 2009.,Skripsi - Penerapan
MetodeGallery Walkdalam
Memotivasi Belajar Siswapada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak di
Madrasah Aliyah Sunan Cendana
Kwanyar Bangkalan, Surabaya: Fak
Tarbiyah IAIN Sunan Ampel
Wardono, 2005, Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Jigsaw II dan Team
Games Tournament untuk
mengingkatkan Hasil Belajar
Matematika ,Laporan Penelitian
Sementara PTK.
Winkel,W.S. (1991). Bimbingan dan
Konseling Di Sekolah Menengah
(cetakan VII).Jakarta : Grasindo
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Yohannes Anggoro Triharyanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.