MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP AWAL SISWA DENGAN MENGARTIKAN ISTILAH-ISTILAH PENTING

Penulis

  • Tri Riswakhyuningsih SMP Negeri 2 Subah

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v8i2.166

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, IPA, Istilah Penting

Abstrak

Tujuan penelitian adalah membangun pemahaman konsep siswa dengan mengartikan istilah-istilah penting. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu deskripsi, reduksi, dan seleksi. Pada tahap deskripsi, dilakukan pencatatan materi esensial pada pembelajaran IPA. Pada tahap reduksi, dilakukan pemilihan fokus penelitian, yaitu IPA sebagai kumpulan konsep. Pada tahap seleksi, fokus penelitian diuraikan menjadi lebih terperinci, yaitu membangun pemahaman konsep awal siswa dengan mengartikan istilah-istilah penting. Responden penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Subah, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi. Validasi dilakukan secara sirkuler, berulang-ulang dengan berbagai cara dan berbagai sumber. Kesimpulan pada tahap deskripsi, reduksi, dan seleksi, diolah dari data yang diperoleh melalui proses berpikir, bertanya, analisis, kesimpulan, dan pencandraan. Rata-rata pada setiap pokok bahasan terdapat puluhan konsep. Cara membangun pemahaman konsep adalah siswa ditugaskan untuk mencari istilah-istilah penting pada setiap pokok bahasan dan mengartikannya dengan kalimat sendiri secara singkat dan jelas. Hasilnya adalah siswa terbangun konsep awal sebelum guru menjelaskan dan hasil belajar yang didapat mempermudah proses pembelajaran selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

EM Pratiwi, G Gunawan, & I Ermiana, ”Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386, 2022.

Endang Lestari, ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Mengenal Berbagai Bentuk Energi, Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dikelas I Semester 2 SDN Kertaharja 01 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal”, Dialektika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 336-346, 2020.

Farida Nur Kumala, ”Pembelajaran IPA SD”, Malang: Penerbit Ediide Infografika, 2016.

Hadi Imam Sutaji et al., ”Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun dan Pengenalan Beberapa Aplikasi Pelajaran IPA dalam Kehidupan Sehari-hari”, Alkhidmah: Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat, 2(2), 22-27, 2024.

M. Junaid, Salahuddin, & Rita Anggraini, ”Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Di SMPN 17 Tebo”, Physics and Science Education Journal (PSEJ), 16-21, 2021.

Okky Fajar Tri Maryana, et al., ”Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VIII”, Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021.

Ovilia Savitri1 & Septi Fitri Meilana, ”Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, 6(4), 7242-7249, 2022.

Rohima Sakila et al, ”Pentingnya peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-hari”, Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119-123, 2023.

Siti Zubaidah et al., ”Edisi Revisi Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX”, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2018.

Sri Handayani Lestari et al., ”Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam

Untuk SMP Kelas VIII”, Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021.

Sugiyono, ” Metode Penelitian Kuantitatif Kualitiatif dan Deskriptif”, Yogyakarta: Airlangga, 2013.

Victoriani Inabuy et al., ”Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII”, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Riswakhyuningsih, T. (2024). MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP AWAL SISWA DENGAN MENGARTIKAN ISTILAH-ISTILAH PENTING. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 8(2), 38–46. https://doi.org/10.55686/ristek.v8i2.166