VALUASI EKONOMI DAN POTENSI WISATA PANTAI SIGANDU DESA KLIDANG LOR KABUPATEN BATANG
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v8i2.164Kata Kunci:
Pariwisata, Valuasi Ekonomi, PotensiAbstrak
Kabupaten Batang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki beberapa objek wisata alam yang cukup menjanjikan jika dikembangkan. Penelitian ini berjudul “Valuasi Ekonomi Dan Potensi Objek Wisata Di Pantai Sigandu Desa Klidang Lor Kabupaten Batang”, yang bertujuan untuk mengestimasi nilai ekonomi total (Total Economic Value, TEV), menganalisis tingkat potensi objek wisata alam, dan menganalisis faktor pendorong serta faktor penghambat di Pantai Sigandu Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan 3 teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai ekonomi objek wisata ditentukan oleh evaluasi yang diberikan oleh setiap orang atau masyarakat terhadap harga yang mereka bayarkan untuk mengunjungi lokasi tersebut dan nilai yang mereka terima sebagai imbalannya. Berdasarkan penilaian tersebut, Pantai Sigandu diklasifikasikan sebagai pantai yang memiliki potensi wisata alam yang sedang, dengan kelemahan utamanya adalah sampah dan abrasi. Hal lain yang mendorong bisnis pariwisata Pantai Sigandu adalah mengelola kawasan wisata dengan menjaga infrastruktur dan fasilitasnya.
Unduhan
Referensi
Anandhyta, Annisya Rakha, and Rilus A. Kinseng. 2020. “Hubungan Tingkat Partisipasi Dengan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Pesisir.” Jurnal Nasional Pariwisata 12(2): 68. doi:10.22146/jnp.60398.
Afridho, R M, and K D Priyono. 2019. “Analisis Potensi Objek Wisata Alam Di Kabupaten Batang.” Analisis Potensi Objek Wisata Alam di Kabupaten Batang. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70648.
Dewi Kusuma Sari. 2011. “Pengembangan Pariwisata Obyek Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang.” Pengembangan Pariwisata Obyek Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Dewi Kusuma Sari. (2011). Pengembangan Pariwisata Obyek Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang. Pengembangan Pariwisata Obyek Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang.Batang.
Djijono. 2002. “Valuasi Ekonomi Menggunakan Metode Travel Cost Taman Wisata Hutan Di Taman Wan Abdul Rachman, Propinsi Lampung.” Program Pascasarjana IPB: 1–20.
Dewi, Nanda Yunita. 2023. Kajian Daya Dukung Objek Wisata Di Kawasan Pantai Sigandu Kabupaten Batang.
Hasibuan, Bernard. 2014. “Valuasi Ekonomi Lingkungan Nilai Gunaan Langsung Dan Tidak Langsung Komoditas Ekonomi.” Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi 3(2): 113–26. doi:10.15408/sigf.v3i2.2055.
Hasani, Mj Rizqon, and Nikolaus Ageng Prathama. 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Destinasi Wisata Pantai Sigandu Di Kabupaten Batang.” RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang 6(2): 15–25. doi:10.55686/ristek.v6i2.116.
Pranata Sembiring, Junaidi. 2016. “Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling Dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung.” Simbolika 2(1): 1.
Wurdiana Shinta, Leberina Elviana. 2021. “Plagiarism Checker X Originality Report.” Jurnal Edudikara 2(2): 3–5.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 aulia ulfaa, Aulia Fachreza Ulfa, Hendri Hermawan Adinugraha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.