Peran Sosial Media dalam Promosi Kesehatan: Kajian Literatur

Penulis

  • Fika Ayu Cahaya Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Widya Sari Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, UIN Sumatera Utara
  • Dina Amila Rambe Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, UIN Sumatera Utara
  • Zulfadli Lingga Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v8i2.157

Kata Kunci:

Sosial Media, Kesehatan, Teknologi Informasi

Abstrak

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, perubahan sosial dan ekonomi semakin dipengaruhi oleh media sosial. Penelitian ini menganalisis literatur internasional untuk merinci peran media sosial dalam promosi kesehatan. Hasil temuan menunjukkan bahwa media sosial, khususnya Facebook dan Twitter, efektif menjangkau berbagai lapisan masyarakat tanpa memandang faktor pendidikan atau ras. Media sosial membawa perubahan dalam penyampaian pesan kesehatan dengan melibatkan interaksi satu-satu dan banyak-ke-banyak secara bersamaan. Facebook memiliki potensi besar dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi kesehatan, sedangkan Twitter, dengan pesan singkatnya, memberikan kemampuan komunikasi efektif. Media sosial bukan hanya alat promosi kesehatan, tetapi juga sarana penting dalam penyebaran pengetahuan kesehatan, promosi perubahan perilaku, dan pemberdayaan masyarakat. Metode yang digunakan yakni analisis literatur dengan tujuan untuk merinci dan memahami peran media sosial dalam upaya promosi kesehatan. Strategi bijak dalam pemanfaatan media sosial oleh praktisi kesehatan dapat membawa dampak positif yang signifikan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. Leonita and N. Jalinus, “Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 18, no. 2, pp. 25–34, 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i2.261.

Permenkes RI, “Permenkes RI No. 44 tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit,” Kesehatan, no. 1297, 2018.

M. Stellefson, S. R. Paige, B. H. Chaney, and J. D. Chaney, “Evolving role of social media in health promotion: Updated responsibilities for health education specialists,” Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 17, no. 4, 2020, doi: 10.3390/ijerph17041153.

J. J. Levac and T. O’Sullivan, “Social media and its use in health promotion,” 2010.

W. S. Chou, Y. M. Hunt, E. B. Beckjord, R. P. Moser, and B. W. Hesse, “Social media use in the United States: implications for health communication,” J. Med. Internet Res., vol. 11, no. 4, p. e1249, 2009.

World Health Organization, “E-Health and Public Health-A Perfect Marriage”.

S. Kumar and G. S. Preetha, “Health promotion: An effective tool for global health,” Indian J. Community Med., vol. 37, no. 1, pp. 5–12, 2012, doi: 10.4103/0970-0218.94009.

B. W. Hesse, M. O’Connell, E. M. Augustson, W.-Y. S. Chou, A. R. Shaikh, and L. J. Finney Rutten, “Realizing the promise of Web 2.0: engaging community intelligence,” J. Health Commun., vol. 16, no. sup1, pp. 10–31, 2011.

D. Giustini, “How Web 2.0 is changing medicine,” Bmj, vol. 333, no. 7582. British Medical Journal Publishing Group, pp. 1283–1284, 2006.

C. D. Norman, “Social media and health promotion,” Global health promotion, vol. 19, no. 4. Sage Publications Sage UK: London, England, pp. 3–6, 2012.

A. Ghahramani, M. de Courten, and M. Prokofieva, “The potential of social media in health promotion beyond creating awareness: an integrative review,” BMC Public Health, vol. 22, no. 1, pp. 1–13, 2022.

Pew Research Center, “Fact sheets,” Washington, DC, 2017.

E. J. Conrad, M. Becker, B. Powell, and K. C. Hall, “Improving health promotion through the integration of technology, crowdsourcing, and social media,” Health Promot. Pract., vol. 21, no. 2, pp. 228–237, 2020.

M. Plaisime, C. Robertson-James, L. Mejia, A. Núñez, J. Wolf, and S. Reels, “Social media and teens: A needs assessment exploring the potential role of social media in promoting health,” Soc. Media+ Soc., vol. 6, no. 1, p. 2056305119886025, 2020.

C. A. Maher, L. K. Lewis, K. Ferrar, S. Marshall, I. De Bourdeaudhuij, and C. Vandelanotte, “Are health behavior change interventions that use online social networks effective? A systematic review,” J. Med. Internet Res., vol. 16, no. 2, p. e40, 2014.

S. Sharma, R. Kilian, and F.-H. Leung, “Health 2.0—lessons learned: social networking with patients for health promotion,” J. Prim. Care Community Health, vol. 5, no. 3, pp. 208–210, 2014.

A. Acha-Anyi, P. N. Acha-Anyi, S. A. Asongu, and V. S. Tchamyou, “Social media for health promotion: A visual analysis of ‘TB proof’ South Africa’s Facebook page,” Technol. Soc., vol. 63, p. 101386, 2020.

C. for D. C. and Prevention, “The health communicator’s social media toolkit.” Atlanta (GA), 2011.

J. L. Bender, M.-C. Jimenez-Marroquin, and A. R. Jadad, “Seeking support on facebook: a content analysis of breast cancer groups,” J. Med. Internet Res., vol. 13, no. 1, p. e1560, 2011.

L. Donelle and R. G. Booth, “Health tweets: an exploration of health promotion on twitter.,” Online J. Issues Nurs., vol. 17, no. 3, 2012.

H. Park, S. Rodgers, and J. Stemmle, “Analyzing health organizations’ use of Twitter for promoting health literacy,” J. Health Commun., vol. 18, no. 4, pp. 410–425, 2013.

M. Myslín, S.-H. Zhu, W. Chapman, and M. Conway, “Using twitter to examine smoking behavior and perceptions of emerging tobacco products,” J. Med. Internet Res., vol. 15, no. 8, p. e2534, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Hasibuan, F. A. C., Sari, W. ., Amila Rambe, D., & Lingga, Z. (2024). Peran Sosial Media dalam Promosi Kesehatan: Kajian Literatur. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 8(2), 60–67. https://doi.org/10.55686/ristek.v8i2.157