PENGEMBANGAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENYAKIT DAN TANAMAN HERBAL DENGAN METODE SDLC

Penulis

  • Eny Jumiati STMIK Widya Pratama
  • Mosses Aidjili STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Sattriedi Wahyu Binabar STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Wachid Darmawan STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Irfan Efendi STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v8i1.152

Kata Kunci:

ensiklopedi, tanaman herrbal, media informasi

Abstrak

Indonesia merupakan negara tropis sehingga banyak tanaman yang mudah tumbuh, termasuk tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat. Bagian dari tanaman baik daunnya maupun buahnya, rata-rata dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tanaman obat. Namun hanya sebagian kecil masyarakat yang memahami dan mengetahui tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal dan yang tidak. Selain itu, masyarakat juga kurang memahami aturan pemakaian obat yang tepat. Hal ini disebabkan karena masih sedikitnya media informasi yang menyajikan tentang tanaman herbal. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dikembangkan sebuah aplikasi ensiklopedia penyakit dan tanaman yang dapat digunakan sebagai media informasi tentang tanaman herbal sehingga akan memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang berkaitan dengan tanaman herbal serta fungsi dari tanaman tersebut. Pengembangan aplikasi ini dilakukan dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) dan pendekatan Waterfall serta diuji dengan metode Whitebox, Blackbox dan User Acceptance Test (UAT). Hasil pengujian menyatakan, bahwa aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media informasi yang memiliki kemampuan untuk mencari dan menampilkan informasi tentang tanaman herbal dan manfaatnya. Selain itu, aplikasi ini dapat diakses  melalui Android.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

B. P. dan P. Bahasa, KBBI Daring. Jakarta, 2016.

F. Hidayanto and D. S. Ardi, “Tanaman herbal sebagai tanaman hias dan tanaman obat,” J. Inov. dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 1, pp. 1–4, 2015.

H. T. M.A, Apotek Hidup. Bandar Lampung: Pustaka Makmur, 2013.

D. E. Sari, S. Puspasari, and H. Sunardi, “Rekayasa Aplikasi Ensiklopedia Tanaman Obat Berbasis Android,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 9, no. 1, pp. 32–39, 2018, doi: 10.36982/jig.v9i1.461.

I. Afrianto and R. M. Furqon, “The Herbalist Game Edukasi Pengobatan Herbal Berbasis Android,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 8, no. 2, p. 27, 2018, doi: 10.21456/vol8iss2pp27-34.

R. Claudia Bitjoli and A. Nathania Purbowo, “Media Informasi Tanaman Obat dan Penggunaannya,” J. Infra, vol. 5, no. 1, pp. 285–290, 2017.

T. D. Wismarini, D. Budi, and D. H. U. Ningsih, “Elektronik ensiklopedi tanaman herba sebagai bank data digital tanaman obat,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 17, no. 2, pp. 90–97, 2012.

S. Nizar, Y. U. A, and R. Susanti, “Pengembangan Ensiklopedia Tanaman Obat Koleksi PT. Sidomuncul sebagai Media Pembelajaran Materi Plantae Kelas X SMA,” J. Biol. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 11–18, 2017.

M. Ekaningtias, “Desain Pengembangan Ensiklopedia Tanaman Obat Berbasis Potensi Lokal Di Pulau Lombok,” Oryza ( J. Pendidik. Biol. ), vol. 9, no. 2, pp. 36–41, 2020, doi: 10.33627/oz.v9i2.387.

L. Lutfiah, “Aplikasi Kamus Simplisia Dan Resep Obat Tradisional (Sidota) Berbasis Android,” J. Sains dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 61–69, 2022, doi: 10.34128/jsi.v8i1.369.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi, 2010.

V. A. Siswanto, Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

P. D. Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 23rd ed. Bandung: Alfabeta, 2016.

Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, edisi Revisi 2010. Jakarta: Renika Cipta, 2010.

M. Fowler, UML Distilled edisi 3 Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar, 3rd ed. Yogyakarta: Andi, 2005.

J. Nielson, “Usability 101: Introduction to Usability,” 3 Januari 2012, online, 2012. https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ (accessed Nov. 11, 2020).

I. Santoso, Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi, 2009.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktis) Edisi 7:Buku 1. Yogyakarta: Andi, 2012.

J. Simarmata, Rekaya Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi, 2010.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2023

Cara Mengutip

Jumiati, E., Aidjili, M., Wahyu Binabar, S., Darmawan, W., & Efendi, I. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENYAKIT DAN TANAMAN HERBAL DENGAN METODE SDLC. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 8(1), 01–06. https://doi.org/10.55686/ristek.v8i1.152