IMPLEMENTASI DENAH DIGITAL KOMPLEK PEMERINTAHAN KABUPATEN BATANG BERBASIS 3 DIMENSI

Penulis

  • Hari Agung Budijanto STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Eny Jumiati STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Faisal Basri STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.113

Kata Kunci:

Pemerintah Kabupaten Batang, Denah Digital, Multimedia

Abstrak

Pemerintah Kabupaten Batang yang terletak di Jl RA. Kartini Nomor 1 Kab. Batang, Jawa Tengah memiliki beberapa gedung di komplek pemerintahan sehingga menjadikan pengunjung dan pegawai baru merasa kebingungan dengan letak gedung walaupun pemerintah sudah memiliki media pengenalan lingkungan berupa maket dan website. Akan tetapi penggunaan maket dan website memiliki kendala karena ukurannya terlalu kecil sehingga informasi yang dimuat pun terbatas dan kurang spesifik. Oleh karena itu dibuatlah sebuah aplikasi Implementasi Denah Digital Komplek Pemerintahan Kabupaten Batang Berbasis 3 Dimensi. Aplikasi ini dirancang secara sistematis sesuai metode Multimedia Development Life Circle (MDLC), yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Aplikasi ini telah di uji menggunakan GUI dan UAT dengan hasil yang didapat bahwa aplikasi mudah dipahami dan sudah sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat dijadikan media bantu dalam pengenalan komplek Pemerintahan Kabupaten Batang, namun aplikasi ini masih memiliki kekurangan, yaitu aplikasi ini belum adanya fasilitas menu denah ruang dan fitur pencarian nama gedung, penyempurnaan agar aplikasi dapat responsif di semua jenis smartphone.

Referensi

K. Denah Digital SMK N1 Pekalongan, Pekalongan: STMIK Widya Pratama, 2015.

M. Huda, Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model

Terapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

D. Mc Quail, Media Performance : Mass Communication and the Public Interest, London: Sage Publication, 2011.

G. Prakosa, Animasi Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia, Jakarta: FFT- IKJ dengan Yayasan Seni Visual Indonesia, 2010.

S. Lastiansah, Pengertian User Interface, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.

Sugiono, Media Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

D. T. A. R. Irawati, Buku Ajar Interkasi Manusia dan Komputer, Malang: Politeknik Negeri Malang, 2012.

&. S. Riyanto, Media Pembelajaran Interaktif peredaran Planet, juita, 2015.

A. S. Sadiman, Media Pendidikan:Pengertian,Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

P. Soenyoto, Animasi 2D, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

28-07-2022