IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KAB. BATANG

Penulis

  • Didha Putri Citradika Universitas Pekalongan
  • Danang Satrio Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v6i1.108

Kata Kunci:

Balance Scorecard (BSC), Rumah Sakit Umum Daerah

Abstrak

Suatu manajemen Rumah Sakit membutuhkan alat pengukuran yang lebih baik dengan memperhatikan segala aspek yang berorientasi jangka panjang. Rumah sakit dituntut untuk mampu memberikan pelayanan memuaskan, profesional dengan harga bersaing sehingga strategi dan kinerja rumah sakit tersebut harus berorientasi pada keinginan pelanggan (pasien) tersebut. Untuk itu, diperlukan pengukuran dengan Balance Scorecard (BSC) yang diharapkan dapat menjawab tuntutan dan tantangan jaman. Berdasarkan latar belakang yang ada, maka tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui penerapan metode balanced scorecard sebagai alat evaluasi strategi pada Rumah Sakit Kab. Batang, serta untuk memberi rekomendasi tentang strategi yang dapat dilakukan di tahun yang akan datang. Temuan dalam penelitian ini menyatakan rumah sakit perlu membangun partisipasi dan komitmen dari setiap pegawai, hal ini dikarenakan kontribusinya mempengaruhi bagi pencapaian visi dan misi rumah sakit. Pengukuran kinerja dengan menggunakan metode balanced scorecard sebagai kerangka kerja dimana pengukuran kinerja dapat diperluas lagi indikator-indikator pada keempat perspektif (perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran) dengan melakukan penyesuaian atau modifikasi dimana perspektif pelanggan menjadi tujuan akhir.

Referensi

Ayuningtyas, D. (2013). Perencanaan Strategis Untuk Organisasi Pelayanan Kesehatan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arpita, Amries Rusli Tanjung & Nasrizal/ 2019. Analisis Kinerja Rumah Sakit Berdasarkan Balanced Scorecard Di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. Pekbis Jurnal, Vol.11, No.2, Juli 2019 : 137‐144 137

Effendi, Afriza Tri dan Djamhuri, Ali. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa RSUD Kota Madiun. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

Febriyanti, Diana. 2016. Analisis Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus di RSUD Wonosari). Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.

Luis, S. (2011). Step by Step in Cascading Balanced Scorecard to Fungsional Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Malina, Mary A. & Selto, Frank H. 2004. Causality in A Performance Measurement Model. http://papers.ssrn.com

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Salemba Empat. Jakarta.

Mulyadi. (2007). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT.Salemba Emban Patria

Rozner, Steve. 2013. Developing and Using Key Performance Indicators: A Toolkit for Health Sector Managers. Health Finance and Governance Project United States Agency for International Development.

Unduhan

Diterbitkan

06-02-2022 — Diperbaharui pada 15-12-2021