PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Penulis

  • Tri Riswakhyuningsih SMP N 2 Subah Kabupaten Batang

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v7i2.149

Kata Kunci:

Klasifikasi Makhluk Hidup, Sumber Belajar, Youtube

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk memanfaatkan YouTube sebagai sumber belajar klasifikasi makhluk hidup.
Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu deskripsi,
reduksi, dan seleksi. Dilakukan eksplorasi secara mendalam terhadap pemanfaatkan YouTube sebagai sumber
belajar materi klasifikasi makhluk hidup. Pada tahap deskripsi, dilakukan pencatatan semua informasi terkait
materi IPA yang dipelajari siswa kelas VII. Pada tahap reduksi, dilakukan pemilihan fokus penelitian. Fokus
penelitian adalah materi klasifikasi makhluk hidup. Pada tahap seleksi, fokus penelitian, diuraikan menjadi lebih
terperinci meliputi link YouTube yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, isi konten video, dan dokumentasi
hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes. Data dikumpulkan dengan teknik
dokumentasi. Validasi dilakukan secara sirkuler, berulang-ulang dengan berbagai cara dan berbagai sumber.
Kesimpulan pada tahap deskripsi, reduksi, dan seleksi, diolah dari data yang diperoleh melalui proses berpikir,
bertanya, analisis, kesimpulan, dan pencandraan. Analisis data dilakukan dengan cara bertanya kepada siswa
terkait pemanfaatan YouTube sebagai sumber belajar materi klasifikasi makhluk hidup, menganalisis kebenaran
jawaban yang diberikan, membuat kesimpulan, dan melakukan refleksi. Sumber belajar materi klasifikasi makhluk
hidup yang terdapat di YouTube antara lain pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, gerak tumbuhan putri
malu, gerak tumbuhan venus,kingdom monera, kingdom protista, kingdom fungi, kingdom plantae, dan
kingdom animalia.Video-video tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna pada siswa, karena
menampilkan gambar bergerak dan suara, sehingga siswa mampu menyerap pesan atau informasi dengan
menggunakan lebih dari satu indera.

Referensi

Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I.

T. (2020). Youtube Sebagai Media

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Efektif di SMK Nurul Yaqin

Sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen

Dan Pendidikan Islam, 7(1), 74-88.

Oktavia, C. D., Abdi, A. W., & Azis, D.

(2017). Hubungan Penggunaan Youtube

sebagai Sumber Belajar dan Keterampilan

Membaca Peta dengan Hasil Belajar IPS

Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17

Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Pendidikan Geografi, 2(4).

Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan

Youtube Sebagai Sumber Belajar

Fisika. JOEAI: Journal of Education and

Instruction, 2(2), 83-90.

Ramadhani, D. (2016). Pemanfaatan Situs

YouTube Sebagai Sumber Belajar Pada

Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA

Panjura Malang. SKRIPSI Jurusan Sastra

Indonesia-Fakultas Sastra UM

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J.

(2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar

Generasi Milenial. Journal of Civic

Education, 2(3), 313-323.

Setiawan, Y., Andamsari, & Martiningsih,

R.R. (2020). Penerapan Pembelajaran

Menggunakan Fitur-Fitur Rumah Belajar.

Pusat Data Dan Teknologi Informasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun:

Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung:

Alfabeta.

Suryaman, M. (2015). Penggunaan

Youtube sebagai Media Pengajaran Bahasa

dan Sastra Indonesia pada Kurikulum

Tersedia Di Https://Sites. Google.

Com.

Video gerak pada putri malu diakses

pada dari

https://www.youtube.com/watch?v=BL

TcVNyOhUc&t=50s.

Video gerak pada tumbuhan venus

yang diunduh dari

https://www.youtube.com/watch?v=sg

sgM1CRP5A.

VideoKingdom Monera, Protista, dan

Fungi dari

https://www.youtube.com/watch?v=r

YT4FRW903M&t=183s.

VideoKingdom Plantae dan Animalia

dari

https://www.youtube.com/watch?v=N

sYEW1JOmJA&t=22s.

Video pertumbuhan dan

perkembangan dari

https://www.youtube.com/watch?v=E

JSyPrmu1-4.

Unduhan

Diterbitkan

20-06-2023