EVALUASI KELAYAKAN USAHA AYAM POTONG SAMU’ ADUP DI KECAMATAN LUMAR KABUPATEN BENGKAYANG

Penulis

  • Sabinus Beni Institut Shanti Bhuana
  • Ricardus Kewirausahaan, Institut Shanti Buana

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v7i2.139

Kata Kunci:

Pasar, Evaluasi Usaha, Ayam Potong

Abstrak

Usaha ayam potong Samu’ Adup merupakan usaha yang dirintis oleh mahasiswa program studi Kewirausahaan Institut Shanti Bhuana dengan berbagai problem yang dialami, salah satunya perencanaan usaha yang dirasakan masih perlu dievaluasi karena keberadaannya di pedalaman Kalimantan Barat yakni di Kecamatan Lumar kabupaten Bengkayang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengevaluasi kelayakan usaha melalui analisis SWOT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan usaha ayam potong Samu’ Adup agar dapat berjalan dengan lancar serta mendapatkan keuntungan serta meningkatkan volume usaha. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha ini dapat dilanjutkan dengan berbagai penyesuaian hasil analisis SWOT, diantaranya kegigihan pelaku usaha perlu ditingkatkan, perbaikan tempat usaha, promosi serta Teknik penjualan yang tidak monoton di tempat dagangan tetapi juga dilakukan pemasaran menggunakan media sosial, menggunakan sistem COD serta penjualan dengan sistem jemput bola ke tempat konsumen

Referensi

Atlantika, Y. N., Lumbantobing, W. L., Vuspitasari, B. K., & Beni, S. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pengemasan Produk Ekonomi Kreatif Lokal Desa Sebente Kabupaten Bengkayang. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 204–216.

Beni, S. (2022). Jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat Di Kawasan Tembawang Ompu Obu Dusun Jambu. RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 6(2), 2549–6948.

Hapsari, V. R., Usman, U., & Ewid, A. (2020). Pendampingan Peluang Kewirausahaan Pada Masyarakat Dusun Sekinyak Dalam Bidang Pariwisata. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i1.629

Hasani, M. R., & Ageng Prathama, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Destinasi Wisata Pantai Sigandu Di Kabupaten Batang. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 6(2), 15–25. https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.116

Hendrarso, E. S. (2013). Penelitian Kualitatif: Sebuah Pengantar” dalam Bagong Suyanto dan Sutinah (Eds.) Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Kencana Prenadamedia.

Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 127–143.

Siahaan, S. V. br;, & Vuspitasari, B. K. (2021). Pelatihan pengelolaan keuangan keluarga desa sebetung menyala kalimantan barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 106–113. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3315/pdf

Usman, U., & Hapsari, V. R. (2022). Peluang Mengembangkan Kewirausahaan Dengan Menggali Potensi Desa Berbasis Kearifan Lokal. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 1–8. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.1888

Vuspitasari, B. K., Deffrinica, D., & Siahaan, S. V. B. (2021). Menggali Peluang Ekonomi Kreatif Melalui Potensi Desa Suka Maju Kabupaten Bengkayang. Sebatik, 25(1), 181–187. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1132

Yuca, H. (2022). Optimalisasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan P2 Di Wilayah Kecamatan Reban Kabupaten Batang. In RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang (pp. 95–108). https://doi.org/10.1007/978-3-031-07753-1_7

Unduhan

Diterbitkan

20-06-2023