PENGENALAN DESTINASI WISATA ALAM SIGEMBOK HILLS TOP DELES BAWANG DENGAN TEKNOLOGI VIRTUAL TOUR

Penulis

  • Eny Jumiati STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Hari Agung Budijanto STMIK Widya Pratama Pekalongan
  • Harris Wicaksono STMIK Widya Pratama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55686/ristek.v3i2.60

Kata Kunci:

Objek Wisata, Promosi, Virtual Tour

Abstrak

Salah satu wisata alam yang memiliki area seluas 7 hektar adalah Sigembok Hill Top Deles
Bawang. Objek wisata alam ini tergolong baru, karena keberadaannya belum lama
dikembangkan. Yang menjadi daya tarik dari Sigembok Hill Top Deles adalah karena
dikelilingi oleh perkebunan teh dan memiliki tempat/venue seperti Gardu Pandang, Jembatan
Gantung, Tempat Bermain anak dan Coffe Shop. Rata-rata pengunjung yang hadir mencapai
30 orang perhari dan akan mengalami kenaikan pada akhir pekan sekitar 50 orang. Karena
tergolong baru maka informasi keberadaannya masih sedikit yang mengetahuinya dan
ditambah belum terdaftarnya di Dinas Pariwisata Batang. Hal inilah yang mendorong pihak
pengelola wisata Sigembok Hill Top Deles memiliki keinginan untuk menambah media bantu
promosi sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan
memperkenalkan bahwa di daerah Kabupaten Batang khususnya di desa bawang memiliki
wisata alam yang layak untuk dikunjungi yaitu Sigembok Hill Top Deles. Media bantu
tersebut berupa Virtual Tour dengan kemampuan menampilkan gambar Sigembok Hill Top
Deles secara virtual dengan 360 derajat, menunjukkan arah/sebagai tour guide digital,
menampilkan informasinya pada setiap spot yang ada serta memiliki tampilan yang mudah
dipahami oleh pengguna

Referensi

Ibrahim. 2012. Virual Tour Sebagai Simulasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daud, Fahri R. 2016. “Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus.” E-Journal Teknik Informatika

Vol 8.

Ibrahim. 2012. Virtual Tour Sebagai Simulasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nathania. 2014. “Virtual Tour Berbasis 3D Untuk Pengenalan Kampus STMIK KHARISMA

MAKASAR.” E-Journal Teknik Informatika 50.

Prasetyo, David. 2015. Pengertian Storyboard. 13 11. Diakses 9 4, 2017. www.davidprasetyo.com.

Pressman, Roger S. 2010. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

Santoso, Insap. 2009. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Vaughan. 2004. Multimedia:Making It Work. Yogyakarta:Tim Penerjemah ANDI: Tim Penerbit

ANDI.

Unduhan

Diterbitkan

19-01-2022 — Diperbaharui pada 05-06-2019