IMPLEMENTASI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG, KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IXC DI SMPN 1 KANDEMAN

  • Wulan Dwi Aryani, M.Pd SMPN 1 KANDEMAN BATANG

Abstract

Subyek penelitian adalah 34 peserta didik kelas IXC SMPN 1 Kandeman. Penelitian terdiri atas dua siklus masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan pada bulan September s.d Desember 2018. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)TPS dapat diimplementasikan pada pembelajaran IPS Kelas IX C SMPN 1 Kandeman, ada peningkatan rata-rata dari enam tahapan TPS, pada siklus 1 rerata 64,58 (baik) dan siklus II rerata 83,80 (sangat baik); (2) Ada peningkatan rata-rata enam indikator amatan karakter gotongroyong peserta didik, pada siklus I rerata 67,65 (Baik), dan Siklus II rerata 83,10 (Sangat Baik); (3)Ada peningkatan rata-rata dari enam indikator amatan keterampilan berkomunikasi peserta didik, pada siklus I rerata skor 56,10 (terampil) dan siklus IIĀ  rerata skor 83,80 (sangat terampil); (4) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, pada siklus I ketuntasan belajar 50,00% dengan rerata nilai 70,45 dan siklus II 88,24% dengan rerata nilai 85,00. Penelitian sudah mengupas hasil belajar secara komprehensif, sehingga dapat dijadikan acuan untuk penelitian sejenis.

References

Arends, R.I. (2008).Learning to teach :Belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto& Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).

Ibrahim, Muhsin dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya; University Press

Kemendikbud. (2017).Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19, Tahun 2017, tentang Guru

Kemmis, S., & Taggart, R.Mc.(1990). The action research planner (3th). Victoria: Deakin University press

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia

Mumpuniarti (2012). Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012, halaman 248-257, Yogyakarta: UNY Press.

Nurhadi dkk. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Riduwan (2002) Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: : ALFABETA

Suwandi, S(2009). Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Mata Padi Presindo.

Uno, H. (2010). Model pembelajaran, menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran, panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2021-07-15