PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA KOMPETENSI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PAIKEM PADA KELAS XII E SMA NEGERI 1 BATANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020
DOI:
https://doi.org/10.55686/ristek.v5i2.100Kata Kunci:
Media Monopoli, Sifat Koligatif LarutanAbstrak
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan media Monopoli dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sifat Koligatif Larutan bagi siswa kelas XII E semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa pembelajaran Sifat Koligatif Larutan menggunakan media papan permainan monopoli siswa kelas XII E SMA Negeri 1 Batang. Waktu Penelitian bulan Agustus sampai dengan Oktober.Tempat Penelitian adalah SMA N 1 Batang . Subjek penelitian penggunaan media Monopoli meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sifat Koligatif Larutan. Sumber data kelas XII E. Dari hasil penelitian yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I menunjukkan rata-rata nilai hasil ulangan harian 74,32. Indikator kerja 80,00, peningkatan sebesar 4,32, pada siklus II diperoleh rata- rata nilai ulangan harian sebesar 84,35, peningkatan sebesar 4,35. Penggunaan Monopoli meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menyenangkan.
Unduhan
Referensi
A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
E. Bachman, Metode Belajar Berpikir Kritis dan Inovatif, Jakarta: PT Prestasi Pustaka Raya, 2005.
A. Binadja, Hakekat dan Tujuan Pendidikan SALINGTEMAS dalam Konteks Kehidupan dan Pendidikan yang Ada, UNNES: Seminar Loka Karya Pendidikan SALINGTEMAS, Kerja Sama antara SEAMEO RECSAM dan UNNES, 1999.
B. De Porter, Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas, Bandung: Kaifa, 2002.
Depdikbud, Penelitian Tindakan Action Research, Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikmenum, 1999.
Pendekatan Kontekstual ( Contextual Teaching and Learning), Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2002.
Depdiknas, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas, 2003.
Depdiknas, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas, 2005.
Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas, 2006.
Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas, 2006.
S. B. d. A. Z. Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
G. Dry, Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution) : Belajar Akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan ”FUN” Bagian 1 : Keajaiban Pikir, Bandung: Kaifa, 2003.
Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution) : Belajar Akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan ”FUN” Bagian 2 : Sekolah Masa Depan, Bandung: Kaifa, 2004.
O. Humalik, Media Pendidikan, Bandung: PT CItra Aditya Bakti, 1994.
A. Hanefa, Prsentasi Efektif. Seri Keterampilan Praktis, Yogyakarta: Andi Offset, 2003.
Hernowo, Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual, Bandung: Mizan Learning Center (MLC), 2005.
B. Karyadi, Pendidikan Kimia dalam Mewujudkan Pertumbuhan Industri yang Ramah Lingkungan dan Hemat Energi, Makalah Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, Semarang: FMIPA UNNES, 2005.
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Implementasi dan Inovasi, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2002.
D. Ronnie M, Seni Mengajar dalam Hati, Jakarta: PT Eka Media Komputindo, 2005.
Slameto, Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rieneka, 1995.
Suganal, "Rancangan Proses Pembuatan Briket Batubara Nonkarbonisasi Skala Kecil Dari Batu Bara Kadar Abu Tinggi. Jurnal Teknologi Mineral dan Batu Bara," Puslitbang Teknologi Mineral dan Batu Bata (TEKMIRA), vol. 5, no. 13, pp. 17-30, 2009.
S. Suryo, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT Rieneka Cipta, 2002.
B. Tola, Konsep dan Mekanisme Penjamin Mutu Pendidikan, Makalah Seminar Nasional, Semarang: UNNEs, 2004.
Yuniasih, Penerapan Teknik Pembelajaran “P-O-I-N-T” dengan Pemanfaatan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kompetensi Berbicara (Memperkenalkan Diri) Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 2 Kendal, Kendal: SMA N 2 Kendal, 2010.
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Surti Rahayu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.